Operasi Sola Pora, Personel Gabungan Susuri Padang Cegah Wabah PMK Hewan Ternak

Operasi Sola Pora, Personel Gabungan Susuri Padang Cegah Wabah PMK Hewan Ternak
Personel gabungan saat mengecek salah satu kandang ternak sapi. Desa Holur Kambata, URG, Sumba Tengah. Jumat (15/7/2022), siang. (Dok: Pers Ops Sola Pora).

Tribratanewssumbabarat.com; Polres Sumba Barat, Polsek Umbu Ratu Nggay (URG) menggelar operasi gabungan Sola Pora (Operasi Padang) tahun 2022 diwilayah URG, Sumba Tengah. Jumat (15/7/2022), siang.

 

Operasi tersebut dilaksanakan dengan cara patroli menyusuri padang dan sentra-sentra peternak sapi, kuda dan kerbau dengan terus memberikan imbauan dan edukasi kepada masyarakat.

 

Kasubsi PIDM Polres Sumba Barat Aipda Beni Kuswanto menerangkan, personel gabungan TNI-Polri dibagi menjadi dua tim.

 

“Tim pertama sebanyak 29 personel melaksanakan operasi diwilayah Desa Sambaliloku menuju Desa Holur Kambata sedangkan tim kedua sebanyak 31 personel dari Desa Holur Kambata menuju Desa Wangga Waiyengu,” jelasnya.

 

Aipda Beni melanjutkan, adapun tim utama yang dipimpin oleh Kasat Pol PP Christian Sabarua, S.Tp., melakukan pemantuan langsung kegiatan vaksinasi ternak di Desa Holur Kambata yang dilakukan oleh tim vaksinasi (OP3T) dari Dinas Peternakan Sumba Tengah.

 

“Tujuan operasi Sola Pora ini untuk mengecek secara langsung identitas ternak baik itu kerbau, kuda dan sapi yang berada dipadang maupun di kandang para pemilik ternak, tentu saja untuk meminimalisir atau mencegah terjadinya kasus pencurian ternak,” terang Aipda Beni.

 

Selain meminimalisir terjadinya kasus pencurian ternak, operasi Sola Pora juga bertujuan untuk memcegah penyebaran wabah penyakit mulut dan kuku (PMK) hewan ternak.

 

“Kepada peternak dan masyarakat tidak perlu panik karena penyakit ini tidak menular pada manusia melainkan hanya pada hewan ternak saja,” tambah Aipda Beni mengakhiri.

 

 

Penulis; Kumbara.

Penulis; Mondy.

Penulis; Jamet.

Penanggungjawab; Been7.