Pastikan Sesuai Prosedur, Wakapolres Sumba Barat Periksa Seluruh Senjata Api Personel Polsek

Pastikan Sesuai Prosedur, Wakapolres Sumba Barat Periksa Seluruh Senjata Api Personel Polsek
Wakapolres Sumba Barat Kompol Made Mudana periksa senjata api personel Polsek. Jumat (13/9). (Dok: Humas Res SB).

Tribratanewssumbanarat.com; Dalam rangka memastikan keamanan dan ketertiban di wilayah hukum Polres Sumba Barat, Wakapolres Sumba Barat Kompol Made Mudana melakukan pemeriksaan rutin senjata api dinas yang digunakan oleh seluruh personel Polsek. Pemeriksaan ini dilaksanakan pada Jumat (13/9), di ruangan Propam Polres Sumba Barat sebagai bagian dari upaya pengawasan terhadap penggunaan senjata api oleh personel kepolisian.

 

Kompol Made menegaskan bahwa, pemeriksaan senjata api tersebut dilakukan guna memastikan setiap anggota Polsek mematuhi prosedur kepemilikan dan penggunaan senjata api dinas. “Senjata api merupakan alat yang sangat penting, tetapi juga berbahaya jika tidak digunakan sesuai dengan aturan. Oleh karena itu, kita wajib memastikan setiap personel memiliki kondisi fisik dan mental yang baik dalam menggunakannya,” ujarnya.

Pemeriksaan senjata api personel Polsek. (Dok: Humas Res SB).

 

Dalam pemeriksaan ini, seluruh senjata api diperiksa kelayakannya, mulai dari kebersihan, fungsi mekanis, hingga kelengkapan surat izin penggunaan. Wakapolres juga memberikan arahan kepada para anggota Polsek untuk selalu menjaga kedisiplinan dan profesionalisme dalam menjalankan tugas, terutama dalam penggunaan senjata api.

 

"Jika ditemukan pelanggaran terkait pemeliharaan atau penggunaan senjata api, kami tidak segan-segan memberikan tindakan tegas sesuai dengan peraturan yang berlaku," tegasnya.

 

Kegiatan pemeriksaan ini merupakan bagian dari program rutin pengawasan dan pembinaan personel yang bertujuan untuk menjaga integritas dan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri. Polres Sumba Barat berharap dengan adanya pemeriksaan ini, anggota kepolisian dapat menjalankan tugas dengan lebih aman dan profesional.

 

Humas Polres Sumba Barat.