Pejabat Bupati Sumba Barat Pimpin Upacara Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Hukum Polres Sumba Barat

Pejabat Bupati Sumba Barat Pimpin Upacara Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Hukum Polres Sumba Barat


TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Memasuki musim penghujan riskan akan terjadinya bencana alam, baik banjir, tanah longsor maupun pohon tumbang di mana dapat mengganggu bahkan membahayakan kehidupan masyarakat. Hal ini menjadi pertimbangan Polri dalam menghadapi ancaman bencana alam.



Oleh karena itu, hari ini Rabu tanggal 11 November 2020 bertempat di Lapangan Apel Polres Sumba Barat telah dilaksanakan Upacara Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Hukum Polres Sumba Barat. Upacara dilakukan secara serentak di seluruh Polres jajaran se Indonesia sebagai bentuk kesiapsiagaan dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam.



Dalam Upacara tersebut, Polres Sumba Barat membangun sinergitas bersama TNI dan Pemda Sumba Barat guna mewujudkan semangat kesiapsiagaan menghadapi bencana alam yang dapat terjadi kapan saja dan di mana saja. Apa yang dilakukan Polres Sumba Barat, Kodim 1613 Sumba Barat maupun Pemda Kabupaten Sumba Barat semata-mata demi kepentingan masyarakat sehingga masyarakat selalu merasa aman.



Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa, Provinsi Nusa Tenggara Timur yang kondisi sosial-geografisnya meliputi kepulauan dan terdiri dari pegunungan padang saban serta perairan, memiliki potensi bencana alam yang sangat tinggi, diantaranya tanah longsor, gempa bumi, angin putting beliung, abrasi/tsunami dan lain - lain. Menyikapi hal ini perlu dilakukan upaya antisipasi sehingga bisa meminimalisasi jatuhnya korban jiwa maupun materiil yang lebih besar.

 



Upacara yang berlangsung pada pukul 08.00 Wita tersebut dihadiri oleh Pejabat Bupati Sumba Barat Samel D. Pakerang, M.Si selaku Inspektur Upacara, Bupati Sumba Tengah Drs. Paulus S.K.Limu, Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., perwakilan Dandim 1613 Sumba Barat, Waka Polres Sumba Barat Kompol Yulius Ola, Danki Brimob Kompi 4 Batalion A Pelopor Sumba Barat Daya, Kasat Pol PP dan Kepala BNPB Sumba Barat serta seluruh jajaran Perwira Polres Sumba Barat.



Diikuti oleh 1 pleton TNI dari Kodim 1613 Sumba Barat, 1 pleton Brimob Kompi 4 Batalion A Pelopor Sumba Barat Daya, 1 pleton Dalmas Polres Sumba Barat, 1 pleton Satuan Lantas Polres Sumba Barat, 1 pleton Bhabinkamtibmas, 1 pleton Sat Pol PP, 1 pleton Dinas Perhubungan Sumba Barat dan 1 pleton Dinas Kesehatan Sumba Barat, giat Upacara Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Alam di Wilayah Hukum Polres Sumba Barat. (FB36/IG)