Perdana, 'Lembah Pustaka Digital' Inovasi Polres Sumba Barat Sambangi Anak-anak di Pedalaman Sumba

Perdana, 'Lembah Pustaka Digital' Inovasi Polres Sumba Barat Sambangi Anak-anak di Pedalaman Sumba

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Ingin memberikan yang terbaik bagi dunia pendidikan, khususnya anak-anak yang tinggal di pedalaman Sumba, Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si. bersama jajarannya tengah menggarap satu projek yang cukup unik dan yang pasti sangat bermanfaat bagi anak-anak.

 

Ya, di tengah metode pembelajaran daring maupun luring yang diterapkan pada masa pandemi Covid 19 saat ini mengharuskan para pelajar belajar dengan mengakses internet. Melihat banyaknya keterbatasan yang dialami para pelajar di wilayahnya, terlebih mereka yang tinggal di desa-desa terpencil, tercetuslah satu inovasi atau terobosan untuk membantu mereka dalam menjalani sekolah di masa pandemi Covid 19 saat ini.

 

Terobosan dunia pendidikan berbasis digital telah dibuat dan akan segera diluncurkan oleh Kapolres Sumba Barat tepat pada peringatan Hari Anak Nasional Tahun 2020. Diberi nama 'Lembah Pustaka Digital' dan dioperatori oleh Bripka Beny, motor pustaka digital siap menyambangi putra-putri Sumba yang tersebar di seluruh pelosok wilayah.

 

Melakukan uji coba untuk mengetahui sejauh mana 'Lembah Pustaka Digital' dapat membantu metode pembelajaran daring maupun luring yang tengah diterapkan saat ini, Bripka Beny dan motor pustaka digitalnya datang mengunjungi anak-anak di SMKN 1 Wanukaka, Senin (20/07/2020). Beruntung Sumba adalah zona hijau, jadi anak-anak masih bisa bersekolah dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

 

Datang dengan motor jadulnya, awalnya kedatangan Bripka Beny sempat membuat anak-anak bertanya-tanya, 'ada apa ya kok pak polisi ke sekolah', gumam mereka. Menemui kepala sekolah dan menyampaikan maksud kedatangannya, Bripka Beny dengan dibantu tim dari Humas Polres Sumba Barat mulai mengeluarkan beberapa alat dari box yang menempel di motor pustaka digital.

 

Motornya sih boleh jadul, tapi ketika semua peralatan telah terpasang dan 100 (seratus) tablet milik sekolah telah terkoneksi dengan jaringan internet, anak-anak berseragam abu-abu ini mulai interest dan berebut untuk mencoba.

 

Tidak membawa buku pelajaran akan tetapi menggendong server berisikan mata pelajaran yang dibutuhkan dari jenjang pendidikan SD, SMP sampai SMA/SMK, 'Lembah Pustaka Digital' Bripka Beny menyajikan mata pelajaran Kurikulum 2013 dan video edukasi sekaligus jaringan internet gratis yang bisa diakses sampai dengan jarak 200 meter.

 

Bertujuan menumbuhkan Gerakan Literasi Sekolah, Kapolres berharap 'Lembah Pustaka Digital' dapat membantu tunas-tunas bangsa yang ada di pedalaman Sumba, sehingga dapat bersaing dengan anak-anak yang ada di luar sana, anak-anak yang begitu mudahnya mendapatkan akses internet.

 

Bersyukur, kedatangan Bripka Beny bersama motor jadulnya akan tetapi yang dibawa cukup gaul ini mampu menghipnotis anak-anak kelas X SMKN 1 Wanukaka. Tampak antusiasme mereka dalam membaca mata pelajaran serta melihat video-video edukasi melalui tablet sekolah maupun dari hp mereka sendiri.

 

 

Kepala sekolah sangat senang dan berterima kasih dengan kehadiran 'Lembah Pustaka Digital' Polres Sumba Barat ini. 'Anak-anak sangat senang dan tidak bosan, padahal yang mereka baca dan lihat sama dengan yang kita ajarkan', tuturnya. 'Metode digital inilah yang membuat anak-anak tertarik serta tidak bosan', tambahnya.

 

Dan hari ini, diagendakan Bripka Beny akan kembali mengunjungi anak-anak di SMKN 1 Wanukaka. Bergantian, hari ini kegiatan belajar berbasis digital akan diikuti oleh anak-anak kelas XI. (FB36)