Pimpin Apel Gelar Pasukan, Kapolres Sumba Barat: Kami TNI/POLRI Tidak Main-Main untuk Mengamanakan Pilkades di Kabupaten Sumba Barat

Pimpin Apel Gelar Pasukan, Kapolres Sumba Barat: Kami TNI/POLRI Tidak Main-Main untuk Mengamanakan Pilkades di Kabupaten Sumba Barat

Tribratanewssumbabarat.com ; Kapolres Sumba Barat AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K., M.H., didampingi Dandim 1613 Sumba Barat  Letkol Czi., Rahadian Fernandi, S.Hub., Int.,  pimpin apel gelar pasukan TNI-POLRI, Brimob dan Satpol PP di Lapangan Apel Pasola Mapolres Sumba Barat, Senin (20/12/2021) pagi.

Turut hadir dalam pelaksanaan apel gelar pasukan tersebut Kajari Sumba Barat Bintang Latinusa Yusvantere, S.H., Ketua Pengadilan Negeri Waikabubak Ni Luh Suantinj, S.H., M.H., Asisten I Setda Drs. Immanuel Mesak Anie, M.Si., bersama Kadis PMD dan Kasatpol PP Sumba Barat, Kepala Kantor Departemen Agama Sumba Barat serta seluruh pejabat utama dan Perwira Polres Sumba Barat.

 

Apel tersebut dalam rangka patroli skala besar dan pemusnahan miras guna cipta kondisi jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2021 yang akan dilaksanakan oleh 16 Desa yang ada diwilayah Kabupaten Sumba Barat pada tanggal 22 Desember 2021 mendatang.

“Kami TNI/POLRI tidak akan main-main dalam rangka mengamankan pelaksanaan Pilkades Sumba Barat karena tujuan utama kami agar situasi Kamtibmas pada saat dan setelah Pilkades tetap aman, damai dan sejuk,” ujarnya.

Irwan mengungkapkan, selain dalam rangka pengamanan Pilkades serentak juga untuk menciptakan situasi aman dan nyaman bagi masyarakat Sumba Barat dalam menyambut Natal dan Tahun Baru 2022.

“Kami TNI/POLRI juga sudah berkomitmen untuk bekerja sama demi memberikan rasa aman bagi seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Sumba Barat,” tambahnya.

Hal senada diungkapkan Rahadian, dirinya setuju dengan Kapolres bahwa TNI/POLRI akan bersinergi dan secara maksimal akan mengamankan dari awal hingga berakhirnya Pilkades serentak di wilayah Kabupaten Sumba Barat.

“Diharapkan juga kepada kita semua untuk bersinergi dalam pelaksanaan tugas agar tidak ada kotak-kotak guna menyukseskan Pilkades serentak di Kabupaten Sumba Barat ini. Tentu saja kami dari TNI akan memback up seluruh kegiatan yang dilaksanakan oleh Polri,” tuturnya.

 

Usai pelaksanaan apel, seluruh pasukan gabungan TNI/POLRI, Brimob dan Satpol PP bergeser melaksanakan patroli skala besar dengan rute dimulai dari Mapolres Sumba Barat, Jalan Adhiyaksa, Jalan Wee Karou, Jalan Ahmad Yani, Jalan Jendral Sudirman, Jalan Veteran, Jalan Eltari dan kembali ke Mapolres Sumba Barat.

Sesampainya seluruh pasukan di Mapolres, dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara pemusnahan miras hasil Operasi Pekat Ranakah 2021 oleh Kapolres, Dandim, Kajari, Ketua Pengadilan, Asisten I dan Kepala Kantor Departemen Agama Sumba Barat sekaligus melakukan pemusnahan miras secara simbolis.

“Dapat disampaikan bahwa saat ini kami berhasil mengamankan miras hasil Operasi Pekat Ranakah 2021 dan KRYD menjelang Pilkades serentak, Natal dan Tahun Baru berjumlah 3.150 liter jenis Peniraci (Peci),” ujar Irwan.

 

Dilanjutkan Irwan, dirinya mengatakan bahwa operasi miras akan terus dilakukan demi dan untuk keamanan di Kabupaten Sumba Barat yang lebih baik lagi. Ia juga berharap adanya Perda terkait miras sehingga peredaran miras benar-benar bersih di Kabupaten Sumba Barat.

“Miras dinilai perlu dibasmi karena seringkali miras menjadi pintu utama penyebab terjadinya pelanggran dan tindak pidana dilingkungan masyarakat, selain menganggu situasi Kamtibmas miras juga berdampak buruk bagi kesehatan kita, maka dari itu saya imbau bagi kita semua untuk tidak mengkonsumsi atau memperjualbelikan miras jenis apapun,” tandasnya.


Penulis  : Kumbara
Editor    : Konan
Editor    : Jamet
Penanggungjawab : Been7.