Kedatangan Tim Asistensi dan Monitoring Polda NTT, di Dampingi Langsung Oleh Kapolres Sumba Barat

Kedatangan Tim Asistensi dan Monitoring Polda NTT, di Dampingi Langsung Oleh Kapolres Sumba Barat

Tribratanewssumbabarat.com ; Tim Asistensi dan Monitoring Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) mendatangi Polres Sumba Barat terkait Harkamtibmas Pada Daerah Tertentu ( Tidak melakukan penyidikan ) di wilayah hukum Polres Sumba Barat.

 

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Aula Polres Sumba Barat yang dibuka langsung oleh Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K.,M.H., dan di hadiri oleh Tim Asistensi Polda NTT yang dipimpin oleh AKBP Dr. Dody Eko Wijayanto, S.H.,M.Hum. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Waka Polres Sumba Barat, Para Kabag, Kasat, Kasi, Kapolsek dan seluruh Kaur Mintu jajaran Polres Sumba Barat. Rabu (09/06/2021)

Pada kesempatan tersebut, Ketua Tim Asistensi juga menyampaikan bawasanya sesuai program Kapolri dalam mewujudkan Polri yang Presisi, maka khususnya Polsek dalam Pemeliharaan Keamanan Ketertiban Masyarakat (HARKAMTIBMAS) dapat mengedepankan pencegahan permasalahan, pelaksanaan keadilan restorative justice dan problem solving.

 

Pelaksanaan keadilan restorative justice agar permasalahan tidak sampai ke pengadilan sedangkan problem solving lebih di utamakan penyelesaianya di kantor bhabinkamtibmas yang berada di Desa binaan tersebut.

 

Mengenai Keadilan restorative justice dapat di lakukan apabila sudah ada laporan polisi, dan tergantung situasi / kondisi di lapangan sedangkan untuk keadilan problem solving dapat di lakukan apabila belum ada Laporan Polisi dimana proses penyelesaianya di lakukan di Kantor bhabinkamtibmas.

 

Oleh sebab itu, dalam penerapan keadilan restorative justice dan problem solving, para Kapolsek juga harus memiliki pemahaman intel dasar, aktual dan prediksi yang akan terjadi kedepan sehingga pada saat menyelesaikan suatu permasalahan sudah mengetahui titik kelemahan dari sasaran itu sendiri.

 

Setelah melaksanakan kegiatan di Aula Polres Sumba Barat, Tim Asistensi dan Monitoring langsung menuju Polsek Wanukaka untuk melakukan kegiatan monitoring terkait Polsek yang tidak melaksanakan penyidikan.

 

Penulis ; Kumbara
Penulis  ; Konan
Penulis ; Jamet
Editor ; Boediono.