Polres Sumba Barat Gelar Simulasi Pengamanan Kota (Sispam Kota) Dalam Rangka Operasi Mantap Praja 2024

Polres Sumba Barat Gelar Simulasi Pengamanan Kota (Sispam Kota) Dalam Rangka Operasi Mantap Praja 2024
Foto : Pasukan Dalmas Polres Sumba Barat dan Brimob Kompi 2 dan 3 Batalyon C Pelopor saat mengamankan aksi Demontrasi di Kantor KPUD pada Simulasi Sispam Kota Operasi Mantap Praja 2024. Dok. Humas Res. S.B. Jumat, 23/8/24.

Tribratanewssumbabarat.com " Dalam rangka Operasi Mantap Praja 2024, Polres Sumba Barat telah melaksanakan simulasi pengamanan kota (Sispam Kota) untuk mempersiapkan pengamanan Pilkada Serentak tahun 2024. Kegiatan yang berlangsung di Terminal Baru Sumba Barat ini dipantau langsung oleh Kapolres Sumba Barat, AKBP Hendra Dorizen, S.H., S.I.K., M.H., dan dihadiri oleh Bupati Sumba Barat, pejabat Bupati Sumba Tengah, serta sejumlah Forkopimda dari kedua kabupaten. Jumat, 23/8/24.

Turut hadir dalam simulasi pagi ini Ketua KPUD dan Ketua Bawaslu dari Sumba Barat dan Sumba Tengah, memperlihatkan sinergi antara berbagai lembaga dalam persiapan pengamanan pilkada serentak yang akan datang. Kegiatan Sispam Kota pagi ini melibatkan unsur TNI-Polri serta Brimob Kompi 2 dan 3 Batalyon C Pelopor, kegiatan simulasi mencakup berbagai skenario dari pengamanan VVIP, pengamanan kampanye, pengamanan pemungutan suara di TPS, hingga pengamanan pleno hasil perolehan suara tingkat kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah nantinya.



Dalam kegiatan simulasi pagi ini, ditampilkan aksi pasukan wanteror dari Brimob Kompi 2 dan 3 Batalyon C Pelopor dalam menyelamatkan ketua KPU yang sempat disandera orang tak dikenal.



Tak kalah sigap aksi dari pasukan dalmas Polres Sumba Barat dan Brimob Kompi 2 dan 3 dalam mengamankan kantor KPUD dari aksi anarkis demonstran yang ingin membatalkan hasil pleno rekapitulasi hasil perolehan suara di tingkat KPUD.

 



Kabag OPS Polres Sumba Barat, Kompol Made Mudana, memimpin pelaksanaan simulasi pagi ini. Dalam kesempatan tersebut, Kompol Mudana menegaskan pentingnya pemahaman SOP (Standard Operating Procedure) dan tindakan yang harus diambil oleh seluruh personel. "Simulasi ini bertujuan untuk memastikan setiap personel siap menghadapi berbagai situasi pengamanan selama Pilkada Serentak mendatang," ujar Kompol Mudana.

Kapolres Sumba Barat AKBP Hendra Dorizen, S.H., S.I.K, M.H., memberikan apresiasi kepada seluruh personel yang terlibat dalam kegiatan simulasi pagi ini. Tentunya dengan keseriusan dan kerja keras kita semua diharapkan dapat terwujud Pilkada yang aman, damai dan sejuk di wilayah hukum Polres Sumba Barat.



Dengan adanya kegiatan ini pula, diharapkan kesiapan dan koordinasi antar lembaga dapat terjalin lebih erat, guna memastikan pengamanan Pilkada 2024 berjalan aman dan lancar. Pungkas AKBP Hendra.





*Humas Polres Sumba Barat*