Polres Sumba Barat Maksimalkan Pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

Polres Sumba Barat Maksimalkan Pengamanan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polres Sumba Barat ; Telah diselenggarakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga 2017 dalam rangka Pengamanan Perayaan Natal 2017 dan Tahun 2018 di Lapangan Apel Polres Sumba Barat, hari ini Kamis (21/12/2017). Bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Gelar Pasukan Operasi Lilin Turangga 2017 pagi ini adalah Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin . Sedangkan yang bertugas sebagai Komandan Upacara yakni Kanit I Dalmas Polres Sumba Barat Ipda Rizki Norvianti dan sebagai Perwira Upacara adalah Kabag Ops Polres Sumba Barat Kompol Dodyt R. Putranto.

Turut hadir dalam Upacara Gelar Pasukan Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole, Waka Polres Sumba Barat Kompol Yohanis Nisa Pewali, SS. MH , Kabag Kesbangpol Sumba Barat, Wakil Ketua Pengadilan Sumba Barat, Kabag Sumda Polres Sumba Barat, Kasat Intelkam Polres Sumba Barat, Kasat Reskrim Polres sumba Barat, Kapolsek Jajaran Polres Sumba Barat, Wadanki Brimob Sub Den 4 Yon A Pelopor Sumba Barat, Kasdim Kodim 1613 Sumba Barat dan Danramil Lamboya 1613 Kodim Sumba Barat.

Pelaksanaan Upacara Gelar Pasukan diikuti oleh 6 Pleton yang berasal dari beberapa unsur, yaitu 1 Pleton Kodim 1613 Sumba Barat, 1 Pleton Dalmas Polres Sumba Barat, 1 Pleton Brimob SUB DEN 4 Yon A Pelopor Sumba Barat, 1 Pleton Sat Lantas Polres Sumba Barat, 1 Pleton Satuan Pol PP Kabupaten Sumba Barat dan 1 Pleton Dinas Perhubungan Sumba Barat.

Pada amanatnya, Kapolres AKBP Muhamad Erwin berkesempatan menyampaikan beberapa hal terkait pelaksaan Operasi Lilin Turangga 2017, yaitu :

  • Apel Gelar Pasukan dilaksanakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personil dalam melaksanakan Operasi Lilin Turangga 2017.
  • Operasi Lilin Turangga 2017 akan dilaksanakan terhitung mulai tanggal 23 Desember 2017 sampai dengan 1 Januari 2018, dengan mengedepankan kegiatan preventif didukung kegiatan intelegen dan penegakan hukum.
  • Petakan seluruh potensi kerawanan pada masing-masing wilayah dan menentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang.
  • Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror dan kejahatan konvensional yang meresahkan di pusat keramaian, tempat ibadah, dan tempat-tempat umum lainnya.
  • Lakukan pendekatan terhadap seluruh elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh Ormas, dan apabila tetap terjadi akan dilakukan tindakan tegas yang profesional.
  • Optimalkan penggelaran anggota ditengah masyarakat dengan melakukan terebosan kreatif melalui rekayasa lalu lintas guna mengurai dan mengurangi kemacetan dan kecelakaan lalu lintas.
  • Maksimalkan peran Satgas pangan pada masing-masing daerah, guna mewujudkan stabilitas harga pangan dengan menggandeng instansi terkait.
  • Memperkuat sinergitas antara Kepolisian dengan seluruh Stakeholders guna memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Berlangsung dengan tertib dan khidmat, Upacara Gelar Pasukan berakhir pada pukul 09.30 Wita yang kemudian dilanjutkan dengan Pemusnahan Minuman Keras jenis Peci. Pemusnahan Minuman Keras (miras) hasil sitaan gelar Patroli dan Operasi jajaran Polres Sumba Barat sejumlah 3.730 liter ini dilakukan secara simbolis oleh Bupati Sumba Barat dan Kapolres Sumba Barat dengan didampingi seluruh pejabat dan undangan yang hadir.

Editor   : F Budiono Penulis : I Gede Eka Kumbara Publish : I Putu Pasek