Rangkaian Kunker | Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Hamidin Saksikan Pesta Budaya Pasola Wanukaka 2020

Rangkaian Kunker | Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Hamidin Saksikan Pesta Budaya Pasola Wanukaka 2020

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Pesta Budaya Pasola Wanukaka 2020 resmi digelar di Lapangan Kamara Dena, Desa Weihura, Kecamatan Wanukaka, Kabupaten Sumba Barat, hari ini Senin (16/03/2020). Rangkaian ritual adat jelang pelaksanaan Atraksi Pesta Budaya Pasola juga telah dilakukan dengan dipimpin oleh para Rato Adat. 

 

Dimulai sekitar pukul 03.00 Wita dini hari, mengawali giat Pasola telah dilakukan ritual adat Nyale atau pemanggilan nyale/cacing oleh masyarakat Wanukaka yang dipimpin oleh Rato Adat Kering Hoba dan Rato Adat Kamemi Bili. Ritual Nyale dilakukan di Pesisir Pantai Madii Nyale, Kampung Wei Wuang, Desa Pahola, Kecamatan Wanukaka, Kabupaten Sumba Barat dan berakhir sekitar pukul 07.00 Wita. 

Baca Juga ; 

Kunker ke Sumba Barat, Kapolda NTT Kunjungi Rumah Sakit Umum Daerah

 

 

Usai Nyale, bertempat di pinggir Pantai Pahiwi, Desa Wehura, Kecamatan Wanukaka, Kabupaten Sumba Barat, ritual dilanjutkan dengan gelaran Pasola Pantai yang diikuti oleh para peserta dengan jumlah kurang lebih sekitar 100 ekor kuda dari 2 kelompok, yakni kelompok A dan B. Kelompok A terdiri Desa Wehura, Baliloku, Pahola, Parerara, Hobawawi dan Waimangoma, sedangkan Kelompok B terdiri dari Desa Praibakul, Taramanu, Ana Wolu, Katikuloku, Hupu Mada dan Rewa Rara.

 

Menandakan Pesta Budaya Pasola Wanukaka 2020 telah dimulai, sekitar pukul 08.30 Wita para peserta memasuki arena di Lapangan Kamara Dena yang dibuka oleh Rato Adat Duangu Ubu Ratu. Sangat ramai dan dibanjiri oleh ribuan penikmat budaya baik lokal maupun mancanegara, diperkirakan arena Pasola dipenuhi kurang lebih 5.000 orang.

 

Turut serta meramaikan dan menghadiri Pesta Budaya Pasola Wanukaka 2020 yakni Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Hamidin bersama rombongan, Bupati Sumba Barat, Dirjen PDT Drs. Samsu Widodo, MA bersama rombongan, perwakilan Kedutaan Besar Jerman Marten Elberg dan Direktur PT. Telkom,Tbk. Untuk Kapolda NTT dan rombongan, giat hari ini merupakan rangkaian Kunjungan Kerja (Kunker) beliau di Tanah Marapu, dari sekian banyak giat yang telah dijadwalkan sampai tanggal 18 Maret 2020 nanti.

 

 

Guna menjaga kestabilan situasi kamtibmas selama gelaran Pesta Budaya Pasola Wanukaka 2020 berlangsung, telah dilakukan pengamanan besar-besaran oleh tim TNI dan Polri serta OPD terkait. Dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Khairul Saleh, S.H., S.I.K., M.Si., gelaran pengamanan Pesta Budaya Pasola Wanukaka 2020 melibatkan sejumlah personel, dengan rincian dari Polres Sumba Barat sebanyak 284 personel, dari Kodim 1613 sebanyak 10 personel dan dari Brimob sebanyak 10 personel serta dari Satuan Pol PP sebanyak 20 personel. (f)