Tim Satgas Operasi Mantap Praja Kembali Berpatroli, Pastikan Tahapan Pilkada Berjalan Lancar

Tim Satgas Operasi Mantap Praja Kembali Berpatroli, Pastikan Tahapan Pilkada Berjalan Lancar
Tim Satgas Operasi Mantap Praja Polres Sumba Barat. (Dok; Humas Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Kepolisian Resor (Polres) Sumba Barat melalui Tim Satgas Operasi Mantap Praja kembali beraksi dengan meningkatkan intensitas patroli guna memastikan seluruh tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) berjalan lancar dan aman, Kamis (12/9).

 

Patroli yang melibatkan puluhan personel gabungan ini ditujukan untuk menjaga stabilitas keamanan dan mencegah potensi gangguan selama proses Pilkada, mulai dari tahap pendaftaran, verifikasi berkas calon, kampanye hingga pemungutan suara.

Tim Satgas Ops Mantap Praja saat melaksanakan patroli di Kantor KPU Sumba Barat. (Dok; Humas Res SB).

 

Kapolres Sumba Barat AKBP Hendra Dorizen, S.H., S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa Operasi Mantap Praja merupakan operasi terpusat yang ditujukan guna menyukseskan Pilkada serentak Tahun 2024. “Kami berkomitmen menjaga ketertiban selama Pilkada ini. Tim Patroli akan terus bergerak setiap harinya," ujar AKBP Dorizen.

 

Selain patroli, Polres Sumba Barat juga memperkuat pengawasan di media sosial guna mengantisipasi penyebaran berita hoaks dan ujaran kebencian yang dapat memicu ketegangan. Setiap potensi kerawanan akan ditindaklanjuti dengan cepat melalui koordinasi antara kepolisian dan pihak berwenang lainnya.

 

Polres Sumba Barat juga bekerja sama dengan pihak terkait untuk melakukan pendekatan preventif, termasuk dialog dengan tokoh-tokoh masyarakat serta pemantauan ketat di daerah-daerah yang dianggap rawan konflik.

 

Operasi Mantap Praja dipastikan akan terus berjalan hingga seluruh rangkaian Pilkada selesai, termasuk pengamanan saat penghitungan suara. Masyarakat diimbau untuk ikut serta menjaga keamanan dan ketertiban serta tidak terprovokasi oleh isu-isu yang tidak bertanggung jawab.

 

Dengan dukungan seluruh pihak, diharapkan Pilkada 2024 bisa berjalan dengan lancar dan demokratis, memberikan hasil yang terbaik bagi kemajuan daerah dan bangsa.

 

Humas Polres Sumba Barat*