Waka Polda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si Resmikan Kampung Tangguh Prai Ijing Nusantara

Waka Polda NTT Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si Resmikan Kampung Tangguh Prai Ijing Nusantara

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Kampung Tangguh atau Kampung Sehat merupakan salah satu inovasi Polri dalam memutus rantai penyebaran Virus Corona atau Covid 19 di Indonesia. Tak sendiri, di dalam membentuk Kampung Tangguh ini juga melibatkan stakeholder terkait dan masyarakat yang merupakan ujung tombak sekaligus penentu sukses tidaknya Program Polri ini.



Dan hari ini Senin (23/11/2020) Waka Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) Brigjen Pol Drs. Ama Kliment Dwikorjanto, M.Si telah meresmikan Kampung Tangguh di Kampung Adat Prai Ijing, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat. Merupakan upaya melawan Virus Corona atau Covid 19 berbasis lingkungan RT/RW, melalui program ini masyarakat diharapkan terlibat langsung dalam menjaga kampungnya dari penularan Virus Corona atau Covid 19.



Tiba di Kampung Adat Prai Ijing, Desa Terbara, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Waka Polda NTT bersama rombongan disambut dengan serangkaian adat Sumba, mulai dari Tarian Adat Sumba, Pengalungan Kain Adat Sumba dan Pemakaian Kain Budaya Sumba berupa Kalabo dan Kapouta.



Hadir pada giat Launching atau Peresmian Kampung Tangguh Prai Ijing Nusantara oleh Waka Polda NTT yakni, Pejabat Bupati Sumba Barat Samuel D. Pakereng, M.Si., Ketua DPRD Sumba Barat, Wadir Binmas Polda Nusa Tenggara Timur, Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., Dandim 1613 Sumba Barat Letkol Czi. Irawan Agung Wibowo, S.T.M.tr, Pejabat Utama Polres Sumba Barat, Kepala Desa Tebar dan warga Kampung Adat Prai Ijing.



Membacakan sambutan Kapolda NTT, Waka Polda menyampaikan bahwa tujuan dari dibentuknya Kampung Tangguh Prai Ijing Nusantara ini adalah untuk memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid 19 serta membangkitkan kesadaran masyarakat agar lebih waspada dalam menghindari penyebaran Virus Corona atau Covid 19.



Tak hanya itu, upaya membangun solidaritas sesama masyarakat pada masa pandemi, meminimalisir dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid 19 dengan cara meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat serta sosialisasi kepada masyarakat usia produktif sehingga dapat kembali bekerja dengan adaptasi kebiasaan baru juga disampaikan oleh Waka Polda dalam sambutannya.



'Semoga dengan adanya Kampung Tangguh Prai Ijing Nusantara ini mampu memelihara kamtibmas yang kondusif, sehingga terwujud masyarakat yang kreatif, inovatif dan produktif', tutur Waka Polda. 'Polri akan selalu mendukung upaya yang dilakukan Pemerintah dalam menghadapi Pandemi Covid 19 di Bumi Flobamora, karena kerja sama yang solid akan mewujudkan kesuksesan program pembangunan di daerah ini', tambahnya.

 



Terakhir, ucapan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sumba Barat beserta unsur Perangkat Daerah dan warga Kampung Adat Prai Ijing yang telah menyediakan lahan sekaligus mau dijadikan pilot project sehingga bisa diikuti oleh kampung-kampung lainnya juga disampaikan oleh Waka Polda NTT. Berakhir sekitar pukul 10.50 Wita, giat Launching atau Peresmian Kampung Tangguh Prai Ijing Nusantara berjalan lancar dan tertib. (FB36)