Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Jelang Lebaran Tahun 2021 Di Mapolres Sumba Barat

Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Jelang Lebaran Tahun 2021 Di Mapolres Sumba Barat

Tribratanewssumbabarat.com - Bertempat di Mapolres Sumba Barat, Jl. Bhayangkara No. 2 Kelurahan Komerda, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Bupati Sumba Barat Yohanes Dade SH., didampingi Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto S.I.K., M.H., memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021. Rabu (05/05/2021).

 

Apel gelar pasukan operasi ketupat tahun 2021 diselenggarakan secara serentak di seluruh Indonesia mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan.

 

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan operasi ketupat 2021 dalam rangka pengamanan hari raya Idul Fitri 1442 H, baik pada aspek personil maupun sarana prasarana serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemerintah Daerah dan Mitra Kamtibmas lainnya.

 

 

 

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sumba Barat membacakan amanat Kapolri, Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo dalam Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat 2021.

 

Diantaranya mengatakan bahwa menjelang hari raya Idul Fitri 1442 H kasus Covid-19 di Indonesia mengalami kenaikan sebesar 2,03% hal ini disebabkan karena adanya peningkatan aktivitas masyarakat khususnya menjelang akhir Bulan Suci Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Berkaitan dengan hal tersebut pemerintah telah mengambil kebijakan larangan mudik pada hari raya Idul Fitri 1442 H ini merupakan tahun kedua pemerintah mengambil kebijakan tersebut karena situasi pandemi Covid-19.

 

Dalam pelaksanaan operasi ketupat 2021 jumlah personil yang terlibat sebanyak 155.005 pers gabungan terdiri atas 90.592 personil Polri, 11. 533 personil TNI serta 52.880 personil intansi terkait ditempatkan pada 381 Pos penyekatan 1536 pos pengamanan serta 596 pos pelayanan dan 180 pos terpadu

 

Dalam kesempatan yang penuh dengan semangat dan rasa kebersamaan ini beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan pelaksanaan operasi ketupat 2021 yaitu sebagai berikut :

  1. Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.
  3. Tingkatkan kepekaan kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum bulan Ramadan pada hari raya Idul Fitri 1442 H.
  4. Melaksanakan pengamanan secara profesional dan Humanis berikan pelayanan terbaik lengkap isarplas dan perlengkapan perorangan yang memadai serta lakukan penugasan anggota dengan body sistem.
  5. Melaksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindak secara tegas namun Humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas.
  6. Mantapkan kerjasama Sinergi dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.
  7. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran covid-19 yaitu mencuci tangan memakai masker menjaga jarak serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.
  8. Pastikan petugas frontliner telah melaksanakan program vaksinasi sebanyak 2 kali.

 

Pada kesempatan ini saya juga mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan dan Idul Fitri 1442 H kepada seluruh umat muslim yang merayakan demikian Aman saya Tuhan yang maha kuasa dan jasa memberikan perlindungan kekuatan dan keselamatan kepada kita dalam mewujudkan pengabdian terbaik kepada masyarakat bangsa dan negara dalam bingkai persatuan kedamaian.

 

Adapun para tamu undangan yang turut hadir pada apel gelar pasukan operasi ketupat tahun 2021 ini, Dandim 1613 Sumba Barat, Ketua DPRD Sumba Barat, Ketua Pengadilan Negeri Wikabubak, Ketua Pengadilan Agama Waikabubak, Tokoh Agama, OPD Pemerintah Kabupaten Sumba Barat, Insan Pers.

 

Seluruh rangkaian kegiatan berakhir pukul 16.35 Wita berjalan aman, tertib dan lancar.

 

 

 

Penulis ; Kumbara

Penulis  ; Konan 

Penulis ; Jamet

Editor ; Boediono