Bagikan 400 Buku, Brigpol Andreas Ingin Majukan Budaya Literasi Pedalaman Sumba

Bagikan 400 Buku, Brigpol Andreas Ingin Majukan Budaya Literasi Pedalaman Sumba

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT : Berbuat yang terbaik untuk masyarakat, khususnya warga desa binaan bak dua sisi keping uang logam yang tak pernah terpisahkan bagi seorang Bhabinkamtibmas atau Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat Polres Sumba Barat. Memberikan dampak positif serta bisa menjadikan manfaat bagi warga desa binaan sudah menjadi keseharian bagi para Bhabinkamtibmas dalam bertugas. Hal inilah yang juga dilakukan oleh si coklat berlengan kuning utusan Polsek Umbu Ratu Nggay (URG), Brigpol Andreas B. M. Mudja.



Ya, Sabtu (7/11/2020) Brigpol Andreas telah melaksanakan giat Pemberian Bantuan Buku kepada anak-anak yang ada di wilayah Desa binaannya. Tak sendiri, bersama Komunitas P3L atau Pemuda Progresif Peduli Literasi, ia berkunjung ke Desa Bolubokat Utara dan Bolubokat untuk membagikan 400 buku agar bisa dinikmati anak-anak di wilayah tersebut.



Terbagi menjadi 2 (dua) lokasi yakni di Desa Bolubokat Utara dan Bolubokat, Kecamatan Umbu Ratu Nggay Tengah, Kabupaten Sumba Tengah, Brigpol Andreas bersama Komunitas P3L yang didampingi oleh Aparat Desa setempat mengumpulkan anak-anak pada 2 (dua) titik kumpul di dua desa tersebut. Kunjungan pertama yang berlangsung sekitar pukul 13.00 Wita, dilakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Umbu Ratu Nggay bersama Komunitas P3L di Desa Bolubokat Utara, yang kemudian dilanjutkan di Desa Bolubokat pada pukul 15.30 Wita.



'Sebagai wujud kepedulian akan dunia pendidikan, khususnya terkait ajakan gemar membaca terhadap anak-anak yang ada di pedalaman Sumba, kami bermaksud untuk memajukan Budaya Literasi', tutur Brigpol Andreas. 'Bantuan buku cetak seperti Buku Ilmu Sosial, Ilmu Bahasa, Ilmu Agama, Komik, Kamus, Ilmu Sejarah dan Buku Mewarnai yang bersumber dari beberapa sanggar maupun individu ini kami berikan dan letakkan di dua titik dengan masing-masing berjumlah 200 buku guna bisa diakses dan dibaca oleh anak-anak', tambahnya.



Mendapat dukungan penuh dari Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., si coklat berlengan kuning ini berusaha memberikan solusi terbaik bagi anak-anak yang kurang mampu agar tetap bisa mendapatkan ilmu lewat membaca dan mempelajari buku-buku yang telah disalurkan. Tak hanya itu, di lokasi yang telah disediakan oleh desa untuk dijadikan titik berkumpul anak-anak juga telah disediakan 1 (satu) guru sebagai koordinator yang akan membimbing mereka.

 



Tampak rona kebahagiaan dan keceriaan dari wajah-wajah polos anak-anak pedalaman Sumba ini ketika menerima bantuan buku-buku yang dapat mereka pergunakan untuk belajar. Seakan tak sabar untuk segera dapat belajar bersama, ucapan terima kasihpun terlontar dari bibir mereka atas bantuan yang telah disalurkan oleh Brigpol Andreas dan Komunitas P3L. (FB36)