Dipimpin Langsung Presiden, Kapolres Sumba Barat Mengikuti Upacara Hari Bhayangkara ke-76 Secara Virtual Bersama Forkopimda

Dipimpin Langsung Presiden, Kapolres Sumba Barat Mengikuti Upacara Hari Bhayangkara ke-76 Secara Virtual Bersama Forkopimda
Kapolres Sumba Barat bersama Forkopimda dan PJU Polres Sumba Barat melaksanakn Upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-76 secara virtual di Aula Mapolres Sumba Barat. Selasa (5/7/2022), pagi. (Dok: Hms Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Peringatan Hari Bhayangkara yang setiap tahunnya jatuh pada tanggal 1 Juli terasa berbeda selama beberapa tahun terakhir, kegiatan peringatan Hari Bhayangkara pun banyak dilaksanakan secara virtual maupun daring.

 

Upacara Hari Bhayangkara ke-76 sedianya dilaksanakan pada 1 Juli 2022 lalu. Namun karena adanya satu dan lain hal, upacara baru dilaksanakan pagi ini serentak diseluruh penjuru tanah air secara virtual.

 

Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H. bersama Bupati Sumba Barat, Forkopimda Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah serta PJU Polres Sumba Barat mengikuti Upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-76 secara virtual, di Aula Mapolres Sumba Barat. Selasa (5/7/2022), pagi.

 

 

Upacara peringatan Hari Bhayangkara tersebut dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia Ir. Jokowi Dodo dengan melibatkan sebanyak 1.996 personel kepolisian di Lapangan Bhayangkara Akademi Kepolisian Semarang, Jawa Tengah.

 

Dalam amanatnya Presiden mengatakan bahwa pandemi Covid-19 belum usai sehingga mengharuskan Polri untuk selalu siaga dan waspada terjadinya lonjakan kasus positif di Indonesia.

 

“Selamat Hari Bhayangkara ke-76, 1 Juli 2022 kepada Polri. Semoga transformasi Polri yang Presisi bisa mendukung pemulihan ekonomi dan reformasi struktural untuk mewujudkan Indonesia Tangguh-Indonesia Tumbuh,” ucapnya.

 

Lanjut Presiden, Polri juga harus siap dalam menghadapai ancaman berbasis teknologi terbaru, polri harus lebih maju dari pelaku kejahatan, harus menguasai teknologi dengan baik. Waspada terhadap ketidakpastian global, krisis pangan dan krisis keuangan.

 

“Polri harus menggunakan kewenangannya secara bijak dan bertanggung jawab. Polri juga harus berpacu menguasai IPTEK agar tidak kalah dengan pelaku kejahatan,” ujarnya.

 

Tak hanya dalam bidang keamanan dan ketertiban masyarakat, Presiden juga berharap Polri terus mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan perekonomian nasional yang lebih baik.

 

“Semoga Polri tetap berkomitmen menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif. Berikan pelayanan terbaik kepada masyarakat, jaga nama baik institusi dan terus tingkatkan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri,” ucapnya.

 

Tak sampai disitu, Presiden menambahkan, semoga transformasi Polri yang prediktif, responsibilitas, transparan, berkeadilan segera terwujud dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Semoga sinergitas yang telah terbangun dapat terus ditingkatkan. Terus berkarya untuk bangsa.

 

“Semoga Polri semakin prediktif, responsibilitas, transparansi, berkeadilan dalam melindungi, mengayomi dan melayani masyarakat. Tetap berikan manfaat bagi masyarakat dan menjadi pengayom terbaik bagi masyarakat. Semoga Polri semakin kuat dan teruslah mengayomi, melindungi serta semakin dicintai rakyat Indonesia,” ujarnya.

 

Sekali lagi Presiden mengucapkan selamat Hari Bhayangkara ke-76 Polri dan terima kasih atas pengabdian serta pengorbanan dari seluruh anggota Polri di dalam menjaga, merawat ketenteraman, dan ketertiban masyarakat.

 

“Semoga ke depan Polri semakin meningkat, semakin bertambah kapasitas lahir batinnya dalam mengabdi kepada bangsa dan negara,” tandas Presiden RI Ir. Jokowi Dodo.

 

Usai upacara peringatan Hari Bhayangkara ke-76, dilanjutkan dengan berbagai festival yang diselenggarakan di Stadion Taruna Bhayangkara, Akademi Kepolisian Semarang.

 

Kegiatan festival peringatan Hari Bhayangkara ke-76 tersebut dilaksanakan dengan menggabungkan seluruh acara mulai dari sektor tiap divisi Polri yang disinergikan dengan kegiatan kerakyatan seperti UMKM hingga acara musik bersama rakyat.

 

Festival ini juga menjadi wadah untuk memberdayakan ratusan UMKM yang merupakan salah satu hal yang dicanangkan oleh Bapak Presiden RI, Ir Joko Widodo dengan meningkatkan produktivitas untuk transformasi ekonomi inklusif dan berkelanjutan.

 

 

Penulis; Kumbara.

Penulis; Mondy.

Penulis; Jamet.

Penanggungjawab; Been7.