Hadiri Pemakaman Alm. Fernandus Lango Bili, Kapolres Dengarkan Harapan Kelurga Korban

Hadiri Pemakaman Alm. Fernandus Lango Bili, Kapolres Dengarkan Harapan Kelurga Korban
Foto : Kapolres Sumba Barat Hadiri Pemakaman Alm. Fernandus Lango Bili bersama PJU Polres Sumba Barat. Dok. Humas Polres SB. Rabu, 11/1/23.

Tribratanewssumbabarat.com " Siang tadi korban dari kasus penyalah gunaan senpi yang dilakukan oleh salah seorang oknum anggota Polres Sumba barat Briptu ER yakni Alm. Fernandus lango bili dimakamkan. Tempat Pemakaman Almarhum berjarak kurang lebih 300m dari rumah duka. Rabu, 11/1/23.


Dalam prosesi pemakaman tersebut, hadir Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., didampingi Wakapolres Sumba Barat Kompol Ibrahim, S.H., beserta pejabat utama dan personel Polres Sumba Barat. Hadir pula dalam prosesi pemakaman tersebut keluarga besar almarhum serta keluarga dari pelaku Briptu ER.


Sebelum prosesi pemakaman dimulai, perwakilan keluarga almarhum Laiya Woda dan Daniel Bili, S.H., menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolres Sumba Barat beserta seluruh jajaran, seluruh kerabat dan juga keluarga korban yang telah hadir dan bersama-sama keluarga almarhum dalam masa duka serta telah memberi penguatan moriil.


Perwakilan keluarga menyampaikan secara terbuka terkait tragedi yang terjadi pada sabtu dinihari tersebut, berikut penyampaian Daniel Bili, S.H., selaku perwakilan keluarga. Setelah mendengar, mengikuti dan memahami semua kronologi kejadian tersebut, semula kami pihak keluarga sempat mengeluarkan pernyataan keras, namun setelah mendapat keterangan dari cerita serta hasil pemeriksaan terhadap saksi dan korban yang disampaikan pihak Polri dalam hal ini Polres Sumba Barat. Kami menyadari bahwa antara Briptu ER dan juga Alm. Fernandus Lango Bili merupakan kerabat yang sangat dekat, bahkan seperti saudara sendiri, hal ini tergambar dari keseharian mereka yang selalu bersama, makan dan tidur bersama, serta banyak hal yang selalu dilakukan bersama. Ibarat kata orang sumba teman satu kaki.


Setelah memahami hal tersebut, pihak keluarga menyadari dan memahami bahwa kejadian tersebut bukan sebuah kesengajaan. Hal tersebut merupakan takdir tuhan, sebagaimana kita tahu bahwa kematian merupakan kuasa dari tuhan semata. Melalui kejadian tersebut, kami juga menganggap bahwa Briptu ER adalah anak kami juga yang saat ini tengah menjalani hukuman.



"Bapak ibu sekalian kami keluarga sangat memahami masalah kematian itu apapun bentuknya apapun prosesnya itu adalah kuasa Tuhan yang menciptakan manusia karena tidak ada satupun manusia yang bisa menghalangi kematian tanpa kuasa Tuhan. Oleh karena itu sekali lagi kami atas nama kedua keluarga baik dari keluarga adek kami Briptu ER dan keluarga adek kami Lango sudah bersatu untuk bersama-sama mengurus anak kita, baik almarhum Lango maupun adek kita Briptu ER yang kini tengah menjalani hukuman, sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada Bapak Kapolres dan seluruh jajarannya. Ujar Daniel Bili, S.H.



Dalam kesempatan ini pula, kami keluarga alm. Fernandus Lango Bili berharap dengan tanpa menyalahi aturan yang berlaku, agar kiranya anak kami Briptu ER dapat diberikan keringanan hukuman. Kami kedua keluarga juga menyampaikan permohonan maaf atas apa yang telah dilakukan anak kami Briptu ER, kepada institusi Polri, khususnya Polres Sumba Barat.

 





Pada Kesempatan tersebut, Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., kembali menyampaikan permohonan maaf atas apa yang telah dilakukan oleh salah seorang personelnya yakni Briptu ER yang telah mengakibatkan keluarga kehilangan alm. Fernandus Lango Bili. Keluarga besar Polres Sumba Barat menyampaikan ucapan terimakasih atas sambutan baik keluarga selama ini, semoga kejadian ini dapat membawa hikmah yang baik bagi kita semua serta menjadi pembelajaran, agar tidak ada lagi kejadian serupa di kemudian hari.


Proses Hukum saat ini masih terus berjalan, dan kami harap keluarga mempercayakan sepenuhnya penanganan perkara tersebut kepada penyidik Polres Sumba Barat. semua akan kami lakukan secara obyektif, transparan dan profesional.



"Kami keluarga besar Polres Sumba Barat mengucapkan belasungkawa serta turut berduka, semoga Almarhum diterima disisi Tuhan Yang Maha Kuasa dan diberikan tempat yang mulia, begitupun keluarga yang ditinggalkan diberikan kekuatan serta ketabahan. Pungkas AKBP Agung.





Penulis : Jamet;
Penulis : Mondy;
Penulis : Kris J;
Editor  : Kumbara;
Penanggung Jawab : Ben7.