Hama Belalang Serbu Tanaman Petani, Bhabinkamtibmas Bersama Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah Lakukan Pemantauan Langsung

Hama Belalang Serbu Tanaman Petani, Bhabinkamtibmas Bersama Pemerintah Kabupaten Sumba Tengah Lakukan Pemantauan Langsung

Tribratanewssumbabarat.com - Hama Belalang menyerbu tanaman pertanian milik warga Desa Mbilur Pengadu, Kecamatan Umbu Ratunggay, Kabupaten Sumba Tengah.

Belalang muncul disebabkan keseimbangan ekologi yang terganggu seperti  pembakaran padang yang mengakibatkan hilangnya musuh alami belalang sehingga belalang berkembang. Faktor cuaca juga mendukung belalang berkembang biak seperti saat ini cuaca yang panas dan sekali-kali hujan.

Oleh karena itu Bhabinkamtibmasa Polsek Umbu Ratunggay Aipda Yustinus Sudarso bersama Camat Umbu Ratu Nggay Stevanus Umbu Yiwa S. E, Kasie dan Kasubag Kantor Camat Umbu Ratu Nggay dan Kepala Desa Mbilur Pangadu bersama para Perangkat Desa melakukan pemantauan langsung. Jumat (23/4/21). Pukul 10.30 Wita.

Sebagai Bhabinkamtibmas, Aipda Yustinus menghimbau warga agar menjaga lahan persawahan masing-masing dan membawa peralatan yang bisa di bunyikan agar Hama Belalang menjauhi area serta terus pantau pergerakan Belalang pada sore dan malam hari sehingga petugas dari Kabupaten bisa melakukan Penyemprotan.

AKBP FX Irwan Fx Arianto S.I.K., M.H., selaku Kapolres Sumba Barat menyampaikan “terus pantau pergerakan dari Hama Belalang untuk mencegah rusaknya daerah pertanian warga, agar warga dapat memanen hasil tani yang maksimal.” Ujar Kapolres Sumba Barat.

 

 

MLD