Jamin Kondusifitas Jelang Pilkada, Polres Sumba Barat Galakkan Patroli Malam

Jamin Kondusifitas Jelang Pilkada, Polres Sumba Barat Galakkan Patroli Malam
Tim Satgas Operasi Mantap Praja saat melakukan patroli di Kantor Bawaslu Sumba Barat. (Dok: Hms Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Sumba Barat, 9 September 2024 – Dalam rangka menjamin keamanan dan ketertiban menjelang Pilkada Serentak 2024, Kepolisian Resor (Polres) Sumba Barat melalui Tim Satgas Operasi Mantap Praja meningkatkan intensitas patroli malam di berbagai wilayah rawan. Langkah ini diambil guna mengantisipasi potensi gangguan keamanan yang dapat mengganggu jalannya tahapan pemilihan kepala daerah yang semakin dekat.

 

Kapolres Sumba Barat, AKBP Hendra Dorizen,  S.H., S.I.K., M.H., menjelaskan bahwa patroli malam ini dilakukan sebagai upaya preventif untuk memastikan situasi tetap kondusif. Menurutnya, patroli malam menjadi salah satu strategi utama dalam mencegah aksi provokasi maupun potensi konflik antar pendukung yang dapat terjadi pada malam hari.

 

“Kami memperkuat patroli malam hari di sejumlah titik yang dianggap rawan. Langkah ini bertujuan untuk menjaga situasi tetap kondusif menjelang Pilkada. Kami juga bekerja sama dengan elemen masyarakat untuk ikut menjaga lingkungan dan melaporkan jika ada kegiatan yang mencurigakan,” ungkap Kapolres.

 

Selain patroli rutin, Polres Sumba Barat juga mendirikan pos pengamanan di Kantor KPU serta menempatkan personel di Kantor Bawaslu. Personel tersebut disiapsiagakan selama 24 jam. Patroli malam tidak hanya difokuskan di pusat kota, tetapi juga menjangkau wilayah pedesaan dan perbatasan yang berpotensi menjadi titik kerawanan.

 

Kapolres juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terprovokasi oleh isu-isu negatif yang beredar menjelang Pilkada, serta mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menjaga ketertiban selama masa kampanye hingga hari pemungutan suara.

 

“Kami berharap seluruh warga dapat bekerja sama dengan aparat keamanan, sehingga Pilkada bisa berlangsung dengan aman, damai, dan sukses,” tambahnya.

 

Kegiatan patroli malam ini diharapkan mampu menciptakan rasa aman di tengah masyarakat, serta memastikan seluruh tahapan Pilkada berjalan tanpa gangguan keamanan.

 

Humas Polres Sumba Barat*