Jelang Ritual Pajura dan Pasola, Kapolsek Wanokaka Ajak Kepala Desa Kerja Sama Jaga Kamtibmas

Jelang Ritual Pajura dan Pasola, Kapolsek Wanokaka Ajak Kepala Desa Kerja Sama Jaga Kamtibmas

Tribratanewsumbabarat.com; Kapolsek Wanoaka Ipda I Made Budiarta bersama personelnya menyambangi kediaman Kepala Desa Baliloku Umbu Duang Maga Maupadji, S.Sos., di Uma Bua, Baliloku, Wanokaka, Sumba Barat. Rabu (9/2/2022).

 

Melalui Kepala Desa, pada kesempatan tersebut, Ipda Made mengajak seluruh tokoh-tokoh masyarakat Desa Baliloku untuk membantu pihak kepolisian dalam memberikan imbauan kepada seluruh masyarakat agar pelaksanaan ritual adat Pajura dan Pasola dapat berjalan kondusif.

 

“Kami melakukan silaturahmi dalam rangka mengajak Kades Baliloku bekerja sama untuk menjaga situasi Kamtibmas menjelang pelaksanaan ritual Pajura dan Pasola dalam beberapa hari kedepan,” ucap Ipda Made saat dikonfirmasi Humas Polres Sumba Barat, Kamis (10/2/2022).

 

Menurut Ipda Made, kondusifitas ritual adat Pajura dan Pasola dapat terwujud apabila ada kerja sama dan kemitraan yang baik antara seluruh elemen masyarakat dan pihak kepolisian.

 

“Keamanan dan ketertiban Pajura dan Pasola itu merupakan tanggung jawab kita semua, oleh karena itu diperlukan kerja sama yang baik,” tambahnya.

 

Hal senada diungkapkan Umbu Duang, menurutnya silaturahmi yang dilakukan oleh pihak kepolisian ini sangat baik untuk membangun kemitraan dengan masyarakat demi terjalinnya hubungan kerjasama yang lebih baik.

 

“Semoga kita semua bisa menjaga keamanan dan ketertiban saat berlangsungnya ritual Pajura dan Pasola,” harapnya.

 

Ditempat terpisah, Kapolres Sumba Barat AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K., M.H., berharap agar pada saat pelaksanaan Pajura dan Pasola masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan, mengingat masa pandemi Covid-19 belum berakhir. Ditambah saat ini virus Covid-19 varian Omicron sudah mewabah di Pulau Jawa dan Bali.

 

“Perlu diketahui bersama bahwa saat ini varian baru Omicron sudah mewabah di Pulau Jawa dan Bali, ribuan masyarakat disana telah terjangkit, oleh karena itu tetap patuhi protokol kesehatan. Sayangi diri anda, keluarga anda dan orang lain,” tandasnya.

 

 

Penulis : Kumbara

Editor   : Konan

Editor   : Jamet

Penanggung jawab : Been7.