Jelang Ritual Wulla Poddu : Sembari Seruput Kopi Sumba, Ipda Saihul Sampaikan Berbagai Himbauan

Jelang Ritual Wulla Poddu : Sembari Seruput Kopi Sumba, Ipda Saihul Sampaikan Berbagai Himbauan

Tribratanewssumbabarar.com ; Sumba Barat merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara Timur yang di kenal dengan adat dan budaya nya. Sebut saja salah satu pesta adatnya yang kerap mendatangkan wisatawan asing yakni Wulla Poddu. Ritual adat tersebut merupakan ritual yang dilaksanakan oleh aliran kepercayaan Marapu yang ada di Kabupaten Sumba Barat. Salah satu Kampung adat yang melaksanakan ritual adat tersebut yaitu Kampung Tarung.

 

Jelang akan dilaksanakannya ritual Wulla Poddu pada tanggal 23 November 2021 di Kampung Tarung, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, Kapolsek Loli Ipda Saihul Pirinadi bersama Bhabinkamtibmas melakukan pertemuan dengan para tokoh adat di Kampung Tarung. Dalam pertemuan tersebut Ipda Saihul menyampaikan berbagai himbauan jelang pelaksanaan Wulla Poddu. Kamis (18/11/2021)

Sembari di temani hangatnya kopi Sumba, Ipda Saihul menghimbau agar dalam pelaksaan ritual Wulla Poddu agar dapat diminimalisir terjadinya hal - hal yang dapat berdampak buruk bagi situasi kamtibmas. Ipda Saihul menghimbau agar dalam pelaksaan ritual tersebut tidak ada yang menjual maupun mengkonsumsi minuman keras dimana hal tersebut dapat memicu terjadinya gangguan kamtibmas.

 

Dalam pertemuan tersebut dihadiri pula oleh Camat Loli, Lurah Sobawawi, Anggota DPRD dan Babinsa.

 

Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto,S.I.K,M.H., melalui Kapolsek Loli menyampaikan kepada para Rato adat agar dalam pelaksanaan Wulla Poddu tetap menjaga kebersamaan dan kekompakan demi terwujudnya penyelenggaraan ritual wulla poddu yang aman dan sukses. Ipda Saihul juga menyampaikan bahwa pada saat pelaksaan wulla poddu nanti akan dilaksanakan pengamanan oleh pihak TNI dan Polri demi menjaga situasi kamtibmas tetap kondusif.

 

Penulis.                      ; Kumbara
Editor.                        ; Konan
Editor                         ; Jamet
Penanggung Jawab ; Ben7.