Kapolres Sumba Barat Dan Dandim 1613 Sumba Barat Pimpin Langsung Pengamanan Ritual Adat Pasola Lamboya

Kapolres Sumba Barat Dan Dandim 1613 Sumba Barat Pimpin Langsung Pengamanan Ritual Adat Pasola Lamboya

Tribratanewssumbabarat.com ; Hari ini Kamis tanggal 4 Februari 2021 merupakan hari yang telah di tentukan untuk pelaksanaan Pasola di kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat. Namun berkaitan dengan pandemi covid 19, kali ini Pasola hanya dilaksanakan ritual adat oleh para Rato tanpa adanya atraksi pasola. Tidak adanya atraksi pasola tahun ini merupakan hasil kesepakatan para Forkopimda dan para Rato adat pasola.

 

Meski tahun ini tidak adanya atraksi pasola dan hanya dilaksanakan ritual pasola, namun  personel Polres Sumba Barat, Brimob dan TNI dari Kodim 1613 Sumba Barat tetap melaksanakan pengamanan untuk memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat bahwa pelaksanaan atraksi pasola tidak dilaksanakan karena pandemi covid 19. Hal ini dilakukan demi kepentingan seluruh masyarakat di Kabupaten Sumba Barat.

 

Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto,S.I.K.,M.H. bersma Dandim 1613 Dumba Barat Letkol Czi. Irawan Agung Wibowo, S.T.,M.Tr ( Han ) mengharapkan agar seluruh masyarakat khususnya di Kabupaten Sumba Barat dapat memahami situasi dan kondisi tersebut, karena ini demi keselamatan seluruh masyarakat Kabupaten Sumba Barat.

Dalam apel di Polsek Lamboya yang di pimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat, beliau memerintahkan kepada seluruh yang terlibat penganan pasola untuk terus menghimbau dan melakukan sosialisasi terkait kewaspadaan terhadap penularan covid 19 dengan tetap mentaati protokol kesehatan.

 

Kapolres Sumba Barat bersama Dandim 1613 Sumba Barat hadir dalam ritual nyale di pantai Kerewei untuk memberikan himbauan dan sosialisasi Kepada masyarakat agar tetap mentaati protokol kesehatan terkait pandemi covid 19.

 

Dalan pengamanan ritual adat Pasola tersebut, kurang lebih 200 personel TNI, Polri, Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan dikerahkan. Kegiatan ritual adat Pasola berjalan dengan aman dan lancar hingga apel konsolidasi dilaksanakan pada pukul 11.45 Wita. IG