Kunker Menteri Pertanian RI, Kapolres Sumba Barat Turunkan 27 Personel Gabungan di Lokasi Food Estate

Kunker Menteri Pertanian RI, Kapolres Sumba Barat Turunkan 27 Personel Gabungan di Lokasi Food Estate

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Telah berlangsung kunjungan kerja (kunker) Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. H. Syahrul Yasin Limpo, S.MH di Kabupaten Sumba Tengah, Selasa (22/09/2020). Bertempat di Waimatena Desa Pop Pabal, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, kunjungan Menteri Pertanian Republik Indonesia dan rombongan di Bumi Sumba terkait Meninjau Calon Lokasi Food Estate Tanaman Pangan.



Bersama Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen Hortikultura, Dirjen Perkebunan, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, Staf Khusus Menteri, Direktur Pupuk dan Pestisida serta Adc Menteri Pertanian, rombongan Menteri Pertanian Republik Indonesia tiba di Rumah Jabatan Bupati Sumba Tengah sekitar pukul 15.30 Wita.



Rombongan Menteri Pertanian Republik Indonesia disambut langsung oleh Wakil Gubernur Nusa Tenggara Timur (NTT) Drs. Jope Nae Soi, M.M dengan didampingi Bupati Sumba Tengah Drs. Paulus S. K. Limu dan Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole.



Turut hadir pada giat sore tadi yakni, Kepala Dinas Pertanian Provinsi NTT, Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Ketua DPRD Kabupaten Sumba Tengah, Wakil Bupati Sumba Tengah, Kapolres Sumba Barat AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K., M.H., Dandim 1613 Sumba Barat, Sekda Sumba Tengah, para Pimpinan OPD Kabupaten Sumba Tengah, Waka Polsek Urban Katikutana, Kapolsek Umbu Ratu Nggay, Tokoh Masyarakat beserta masyarakat dan awak Media.



Tiba di lokasi Food Estate Tanaman Pangan sekitar pukul 16.30 Wita, rombongan Menteri Pertanian Republik Indonesia disambut hangat dengan Tarian Adat Sumba yang kemudian dilanjutkan dengan penanaman jagung secara simbolis di lokasi tersebut.



Membuka acara, sebagai tuan rumah Bupati Sumba Tengah mengucapkan terima kasih atas bantuan dan perhatian yang telah diberikan oleh Menteri Pertanian dan Gubernur NTT kepada masyarakat Sumba Tengah yang mayoritas menggantungkan hidupnya dengan cara bertani dan berternak. 'Terima kasih kami ucapkan, di tengah kesibukan bapak terlebih pandemi Covid 19 masih belum kunjung usai, Bapak berkenan hadir untuk pengembangan Food Estate di Kabupaten Sumba Tengah', tuturnya.



Menyampaikan hal yang kurang lebihnya sama, Wakil Gubernur NTT juga mengucapkan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang telah diberikan oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia kepada masyarakat Sumba Tengah. 'Tak berlebihan rasanya kalau saya bilang beliau datang ke sini membawa pandangan yang luar biasa atau yang biasa kita kenal dengan Pentahelix', ujarnya.



Dalam sambutannya, Menteri Pertanian Republik Indonesia mengucapkan terima kasih dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Bupati Sumba Tengah beserta jajaran atas suksesnya pelaksanaan kegiatan. 'Kita patut bersyukur bahwa pertanian adalah sektor yang mampu menunjukkan kinerjanya di tengah pandemi Covid 19, di saat sektor lainnya terpuruk, pertanian justru meningkat tajam', paparnya.



'Besar harapan saya semua komponen, baik petani, penyuluh dan Dinas Pertanian bersama-sama menjaga ketersediaan pangan masyarakat untuk Sumba Tengah yang jauh lebih maju, makmur dan produktif', tambahnya.

 



Di akhir kegiatan Menteri Pertanian Republik Indonesia melalui Dirjen Tanaman Pangan, Dirjen Perkebunan, Dirjen Hortikultura, dan Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian memberikan bantuan berupa kucuran dana kepada Kelompok Tani di Kabupaten Sumba Tengah.



Dipimpin oleh Ka UKL (Waka Polsek Urban Katikutana) IPTU Heru Teguh Prasetyo, giat kunjungan kerja Menteri Pertanian Republik Indonesia mendapat pengamanan dari 27 personel gabungan Polres Sumba Barat. Dan giatpun berakhir aman, tertib dan lancar sekitar pukul 18.00 Wita.(FB36)