Polres Sumba Barat Amankan Aksi Unjuk Rasa Damai oleh Tenaga Kontrak Daerah Kabupaten Sumba Barat

Polres Sumba Barat Amankan Aksi Unjuk Rasa Damai oleh Tenaga Kontrak Daerah Kabupaten Sumba Barat
Eks TKD Kabupaten Sumba Barat melakukan aksi unjuk rasa damai di Kantor DPRS Kabupaten Sumba Barat. Selasa (30/8), pagi. (Dok: Hms Res SB)

Tribratanewssumbabarat.com " Pagi tadi, eks Tenaga Kerja Daerah (TKD) Kabupaten Sumba Barat dibawah kendali Ketua Serikat Buruh Kabupaten Sumba Barat Drs. Lele Dapawole melakukan aksi unjuk rasa damai di Kantor DPRD Kabupaten Sumba Barat untuk menyampaikan aspirasi mereka. Rabu, (31/8/2022).

Unjuk rasa yang dilakukan oleh eks TKD Kabupaten Sumba Barat itu sebagai bentuk rasa ketidakpuasan karena tidak diakomodir oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumba Barat.

Dari beberapa tuntutan atau aspirasi yang mereka sampaikan, salah satunya merasa sangat kecewa dengan keputusan Pemkab Sumba Barat terkait pemberhentian dan pengangkatan TKD yang baru.

Para eks TKD Kabupaten Sumba Barat mengawali aksinya di kantor DPRD Kabupaten Sumba Barat. Namun dikarenakan pimpinan DPRD Kabupaten Sumba Barat bersama anggota sedang melaksanakan tugas di Kupang, eks TKD dalam aksinya ditemui oleh Kabag Tata Usaha pada Sekretariat DPRD Matius Jaga Dewa,S.Pi.

Menemui peserta aksi, Kabag Tata Usaha DPRD Kabupaten Sumba Barat menyampaikan bahwa pimpinan bersama anggota DPRD sedang menjalankan tugas di Kupang. Aspirasi yang disampaikan pagi ini akan di akomodir untuk selanjutnya disampaikan kepada pimpinan.

 

Aksi damai pun dilanjutkan di kantor BKPSDM Kabupaten Sumba Barat. Kembali koordinator lapangan menyampaikan tuntutan mereka dan diterima langsung oleh staf BKPSDM Kabupaten Sumba Barat.

Polres Sumba Barat yang dipimpin langsung Kabag OPS AKP Made Mudana mengamankan jalannya aksi unjuk rasa damai tersebut. Dalam pelaksanaan pengamanan, Kabag OPS Polres Sumba Barat mengungkapkan bahwa Polri dalam hal ini Polres Sumba Barat hadir untuk menjamin situasi Kamtibmas yang kondusif.

"Kami hadir mengamankan jalannya aksi damai yang dilakukan oleh para eks TKD Kabupaten Sumba Barat. Pesan kami, silahkan sampaikan aspirasi secara tertib, jangan ada tindakan anarkis yang nantinya dapat mencederai tujuan dari aksi damai tersebut sehingga aspirasi tidak dapat tersampaikan,” ujar AKP Made.

 

Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., hadir pada pelaksanaan pengamanan aksi damai tersebut. Senada dengan apa yang disampaikan Kabag OPS, Kapolres mengimbau agar peserta aksi melaksanakan aksinya dengan tertib dan damai.

"Jangan ada tindakan anarkis, lakukan secara baik, tertib dan damai agar aspirasi yang disampaikan dapat diakomodir dengan baik. Diharapkan nantinya kedua belah pihak dapat duduk bersama dan menemukan solusi terbaik atas apa yang menjadi ketidakpuasan dari para eks TKD Kabupaten Sumba Barat yang hadir pagi ini," pungkas AKBP Agung.

Mengingat Pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sumba Barat tidak berada ditempat, peserta aksi akan kembali menggelar aksi damai usai kepulangan pimpinan dan anggota DPRD Kabupaten Sumba Barat.

Hingga usai, aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh eks TKD Kabupaten Sumba Barat tersebut berjalan dengan aman dan damai.

 

 

Penulis : Mondy;
Penulis : Jamet;
Editor  : Kumbara;
Penanggung jawab : Been7