Bakal Digelar Selama 14 Hari, Simak Beberapa Sasaran Operasi “Zebra Turangga-2024” Polres Sumba Barat

Bakal Digelar Selama 14 Hari, Simak Beberapa Sasaran Operasi “Zebra Turangga-2024” Polres Sumba Barat
Polres Sumba Barat menggelar apel pasukan dalam rangka pelaksanaan operasi “Zebra Turangga 2024” di halaman Mapolres Sumba Barat, Senin (14/10). (Dok: Humas Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Sumba Barat, 14 Oktober 2024 – Polres Sumba Barat melaksanakan apel gelar pasukan dalam rangka pelaksanaan operasi “Zebra Turangga-2024” dengan tema “Dalam rangka mendukung suksesnya pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih serta mengajak masyarakat untuk tertib berlalu lintas demi terwujudnya kamseltibcarlantas yang aman dan nyaman.” Apel ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya tertib berlalu lintas guna menciptakan situasi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (kamseltibcarlantas) yang kondusif.

 

Apel yang digelar di halaman Mapolres Sumba Barat ini dipimpin langsung oleh Kapolres Sumba Barat, AKBP Hendra Dorizen, S.H., S.I.K., M.H., Dalam sambutannya, Kapolres menekankan pentingnya operasi ini sebagai upaya menjaga stabilitas dan ketertiban lalu lintas menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih. “Operasi Zebra Turangga ini bukan hanya soal penegakan hukum, tetapi juga upaya persuasif untuk mengajak masyarakat agar lebih disiplin dan peduli terhadap keselamatan berlalu lintas,” ujar Kapolres.

Kapolres AKBP Hendra Dorizen, pimpin langsung pelaksanaan apel gelar pasukan operasi "Zebra Turangga-2024" di halaman Mapolres Sumba Barat. (Dok: Humas Res SB).

 

Operasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para pengguna jalan, terutama pengendara roda dua dan roda empat, mengenai pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas. Polres Sumba Barat juga berkolaborasi dengan instansi terkait untuk memberikan sosialisasi serta menegakkan hukum bagi pelanggaran lalu lintas yang membahayakan keselamatan umum.


Operasi “Zebra Turangga-2024” ini akan berlangsung selama dua minggu, terhitung dari tanggal 14 s/d 27 Oktober 2024 dengan melibatkan ratusan personel gabungan dari Polres Sumba Barat, Brimbob, TNI, Pol PP serta Dinas Perhubungan.

 

Adapun sasaran operasi ini meliputi pelanggaran lalu lintas yang sering kali memicu kecelakaan, seperti pengemudi atau pengendara yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengendara yang masih dibawah umur, tidak menggunakan helm SNI, tidak menggunakan safety belt, pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor dalam pengaruh atau mengonsumsi alkohol serta pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor yang melawan arus.

Operasi "Zebra Turangga-2024" melibatkan ratusan personel gabungan dari Polres Sumba Barat, Brimbob, TNI, Pol PP serta Dinas Perhubungan. (Dok: Humas Res SB).

 

Kapolres Sumba Barat berharap masyarakat dapat mendukung operasi ini dengan tetap mematuhi peraturan lalu lintas, sehingga tercipta keamanan dan kenyamanan bagi semua pengguna jalan, khususnya menjelang momen penting pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

 

Operasi Zebra Turangga menjadi langkah konkret dalam mendukung kelancaran arus lalu lintas di wilayah Sumba Barat, serta menjaga kondusivitas menjelang agenda nasional yang sangat penting.

 

Humas Polres Sumba Barat*