Polres Sumba Barat Gelar Bakti Kesehatan Donor Darah, Peringati HUT Humas ke-72 Tahun 2023

Polres Sumba Barat Gelar Bakti Kesehatan Donor Darah, Peringati HUT Humas ke-72 Tahun 2023
Bakti kesehatan donor darah dalam rangka HUT Humas ke-72 tahun 2023. (Dok: Humas Polres Sumba Barat).

Tribratanewssumbabarat.com; Kepolisian Resor (Polres) Sumba Barat menggelar kegiatan bakti kesehatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Humas Polri ke-72 yang jatuh pada 30 Oktober mendatang. Acara ini digelar di Aula Sanika Satyawada Mapolres Sumba Barat. Senin (2/10).

 

Kasihumas Polres Sumba Barat Ipda I Made Budiarta mengatakan, donor darah ini merupakan wujud nyata kepedulian Polres Sumba Barat terhadap masyarakat yang membutuhkan darah. Kegiatan ini pun dilaksanakan serentak diseluruh wilayah Indonesia.

 

“Ada beberapa rangkaian kegiatan yang akan kita laksanakan untuk menyambut HUT Humas, salah satunya adalah donor darah ini, tujuannya untuk membantu ketersediaan stok darah di PMI. Semoga apa yang kami lakukan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat,” ucapnya.

 

Ia menjelaskan, donor darah ini diselenggarakan atas kerja sama Polres Sumba Barat dengan Unit Transfusi Darah (UTD) RSUD Waikabubak dan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sumba Barat.

 

“Sehingga jumlah keseluruhan kantong darah yang didapat akan ditransfusikan dan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan,” imbuhnya.

 

Sebelum mendonorkan darah, personel wajib menjalani pemeriksaan kondisi kesehatan oleh tim medis, mulai dari pengecekan suhu tubuh, cek tekanan darah dan pemeriksaan hemoglobin (HB).

 

Salah satu personel Bhabinkamtibmas saat cek tekanan darah. (Dok: Humas Polres Sumba Barat).

 

Kasihumas juga mengungkapkan bahwa selain donor darah, rangkaian kegiatan lainnya juga akan dilaksanakan, termasuk bakti sosial dan bakti lingkungan.

 

“Ada beberapa rangkaian kegiatan lainnya, baik itu bakti lingkungan dan bakti sosial berupa pembagian air bersih ke daerah yang kekeringan. Selain itu juga ada beberapa perlombaan untuk menyambut HUT Humas yang ke-72 ini,” tandas Kasihumas.

 

Kegiatan bakti kesehatan donor darah ini diikuti oleh personel Polres Sumba Barat dan Polsek jajaran, serta rekan-rekan awak media.

 

Humas Polres Sumba Barat*