Stop Bakar Hutan & Lahan, 4 Bhabinkamtibmas Polsek Katikutana Sambangi Desa Umbu Pabal 

Stop Bakar Hutan & Lahan, 4 Bhabinkamtibmas Polsek Katikutana Sambangi Desa Umbu Pabal 

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT  ; Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas ada untuk masyarakat, bertugas dan diberikan tanggung jawab atas situasi yang terjadi di desa binaan, si coklat berlengan kuning ini siap memastikan keamanan, kenyamanan dan kesejahteraan warga yang ada di desa binaannya. 

 

Di musim kemarau saat ini, para Bhabinkamtibmas di wilayah hukum Polres Sumba Barat gencar melaksanakan giat sambang dan sosialisasi cinta lingkungan, utamanya menjaga kelestarian hutan dan lahan sehingga terhindar dari bencana kebakaran, sebagaimana yang telah diinstruksikan oleh Kapolres Sumba Barat AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K., M.H. 

 

Untuk itu Sabtu (05/09/2020), Bhabinkamtibmas Polsek Katikutana Bripka Lukman, Brigpol Agusman, Brigpol Mukamad Sukardi dan Brigpol Ones Makaborang telah melaksanakan giat sambang ke Desa Umbu Pabal, Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah. 

 

Pagi itu keempat Bhabinkamtibmas tersebut berkunjung ke Desa Umbu Pabal untuk bertemu langsung dengan warga sekaligus memberikan imbauan agar tidak melakukan pembakaran hutan atau lahan di tengah musim kemarau panjang yang melanda.

 

Imbauan untuk menjaga hutan dan lahan yang menjadi ciri khas Sumba disampaikan oleh para Bhabinkamtibmas demi menyelamatkan kelestarian alam beserta habitat didalamnya. Tak hanya itu, menghadapi pandemi Covid 19 keempat utusan Polsek Katikutana ini juga mengimbau masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan agar terhindar dari paparan Virus Corona.

 

Menyambut baik arahan demi arahan yang disampaikan oleh pembina desanya, masyarakat berjanji tidak akan melakukan pembakaran hutan atau lahan hanya untuk mendapatkan lahan baru untuk bercocok tanam. Karena merekapun tidak mau akibat dari kecerobohan yang dilakukan malah akan membawa malapetaka bagi dirinya sendiri. (FB36)