Tanam 1.000 Pohon di Tujuh Titik, Polres Sumba Barat Siap Lestarikan Lingkungan

Tanam 1.000 Pohon di Tujuh Titik, Polres Sumba Barat Siap Lestarikan Lingkungan
Kapolres Sumba Barat didampingi Ketua Bhayangkari Cabang Sumba Barat saat menanam pohon di tempat wisata Bukit Sunyi, Desa Dewa Djara. Rabu (23/8). (Dok: Humas Polres Sumba Barat).

Tribratanewssumbabarat.com; Dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan alam Indonesia, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) menggelar kegiatan penanaman pohon serentak diseluruh wilayah Indonesia dengan tema “Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini”.

Terkait kegiatan berskala nasional ini, Polres Sumba Barat bersama Polsek jajaran turut melaksanakan kegiatan penanaman pohon di tujuh titik, yakni di lahan Polsek Katikutana, Umbu Ratu Nggay, Mamboro, Wanokaka, Loli dan lahan Pospol Laboya Barat serta di tempat wisata Bukit Sunyi, Desa Dewa Djara, Kecamatan Katikutana, Kabupaten Sumba Tengah.

Kapolres Sumba Barat AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K., bersama rombongan sendiri menanam pohon di lahan Polsek Katikutana dan tempat wisata Bukit Sunyi, Desa Dewa Djara. Rabu (23/8/2023), siang.

Disampaikan Kapolres, penanaman pohon yang dilangsungkan di berbagai wilayah di Indonesia ini dilaksanakan oleh 34 Polda, 510 Polres, dan 5.034 Polsek se-Indonesia, dan dipimpin langsung oleh Kapolri Jendral Polisi Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si., secara hybrid dari Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur.

"Hari ini masih dalam rangka memperingati kemerdekaan, penanaman pohon dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia secara hybrid, dipimpin Pak Kapolri dari Pulau Komodo untuk menanam berbagai jenis pohon yang disesuaikan berdasarkan karakteristik wilayah masing-masing,” jelas Kapolres.

 

Kapolres Sumba Barat saat menanam pohon di lahan Mapolsek Katikutana, Sumba Tengah. (Dok: Humas Polres Sumba Barat).

Adapun jenis dan jumlah pohon yang ditanam oleh Polres Sumba Barat dan Polsek jajaran yakni, Mahoni 400 batang, Sengon 200, Kelor 100, Sirsak 100, Kopi 50, Durian 50, Jambu Air 50 dan Gaharu 50 batang, dengan jumlah keseluruhan 1.000 batang.

"Dengan begini kita semua harus berkomitmen untuk terus berperan dalam melestarikan dan menjaga lingkungan kita, khususnya di wilayah Sumba Barat dan Sumba Tengah," pungkas Kapolres.

Selain personel Polres Sumba Barat, kegiatan penanaman pohon ini turut melibatkan unsur Pemkab Sumba Barat dan Sumba Tengah, Bhayangkari Cabang Sumba Barat, mahasiswa, organisasi pecinta lingkungan serta masyarakat sekitar.

Humas Polres Sumba Barat*