Home / BERANDA / Jaga Budaya Peninggalan Leluhur, Tim Gabungan Siap Amankan Pesta Adat Pasola

Jaga Budaya Peninggalan Leluhur, Tim Gabungan Siap Amankan Pesta Adat Pasola

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Dipimpin oleh Kapolsek Urban Laura Kompol I Ketut Mastina, S. Sos, Sabtu (23/02/2019) sekitar pukul 08.00 Wita telah dilaksanakan giat Apel Pengecekan Personil Pengamanan Pasola di Lapangan Homba Kalayo, Desa Waikaninyo, Kec. Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya. Giat pagi ini dikhususkan untuk mengamankan jalannya Pesta Adat Pasola peninggalan leluhur yang telah mendunia, sehingga dipastikan akan banyak sekali masyararakat maupun wisatawan yang datang untuk menyaksikan.

Sekitar pukul 10.30 Wita, acara yang dinanti-nanti akhirnya dimulai. Dibuka secara adat oleh Rato Dolo Ngundo Awang, Pesta Adat Pasola dimulai dengan ditandai pelepasan Kuda Nyale yang mengelilingi arena tempat berlangsungnya Pasola di Lapangan Homba Kalayo. Pesta Adat Pasola diikuti oleh 50 (lima puluh) orang penunggang kuda yang berasal dari 4 (empat) Kecamatan, yakni Kecamatan Kodi Utara, Kodi, Kodi Bangedo dan Kodi Balaghar.

Hadir pada Pesta Adat Pasola yakni, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sumba Barat Daya, Kapolres Sumba Barat AKBP Michael Irwan Thamsil, S.I.K., Kabag Sumda AKP Kristian Eoh, SH, Kasat Intelkam AKP Marselinus Hale, para Caleg DPR Tingkat Kabupaten (Dapil IV), Caleg DPR Provinsi, Caleg DPR RI, Caleg DPD RI, para Kepala Desa di Kecamatan Kodi Bangedo, Kecamatan Kodi Balaghar, Kecamatan Kodi, Kecamatan Kodi Utara, Tokoh Adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, Tokoh Pemuda dan masyarakat serta para wisatawan.

Pengamanan Pesta Adat Pasola selama acara berlangsung dilakukan secara terbuka oleh Tim Gabungan dari Polres Sumba Barat, Polsek Urban Laura, Polsek Wewewa Barat, Polsek Wewewa Selatan, Polsek Kodi Bangedo, Polsek Kodi, Polsek Kodi Utara dan Brimob SubDen 4 Den A Sumba Barat Daya yang berjumlah 150 personil. Giat Pengamanan Terbuka Pesta Adat Pasola Kodi siang hari ini dipimpin oleh Kapolsek Urban Laura Kompol I Ketut Mastina, S. Sos dengan didampingi Danramil 1613-03 Kodi Kapten Inf. Tohir Yuswan Putra, Kasat Sabhara Polres Sumba Barat Iptu A. A. K. Yuliantara, Iptu Alex Bili Bikka, Iptu I Ketut Siarta, Kasat Binmas Polres Sumba Barat, Kapolsek Kodi, Kapolsek Kodi Utara, Kapolsek Wewewa Selatan, Kapolsek Wewewa Barat dan Brimob Sub Den 4 Den A Aiptu Antonius Raja.

Besar harapan seluruh jajaran Polres Sumba Barat dengan gelaran Pesta Adat Pasola yang dilakukan hampir di seluruh wilayah hukumnya ini dapat berjalan dengan tertib, lancar dan aman. Sehingga masyarakat dan para wisatawan yang jauh-jauh berkunjung ke Sumba untuk menyaksikan secara langsung Pesta Budaya peninggalan leluhur ini dapat terpuaskan dan merasa nyaman. (fb3G)

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Pengamanan Bhabinkamtibmas Dalam Giat Pemutaran Film

Tribratanewssumbabarat.com ; Bhbainkamtibmas terus berpartisipasi dengan berbagai kegiatan yang dilakukan di tengah masyarakat. Hari Jumat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *