Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades, Polres Sumba Barat Terjunkan Ratusan Personel Gabungan

Apel Pergeseran Pasukan Pengamanan Pilkades, Polres Sumba Barat Terjunkan Ratusan Personel Gabungan
Personel gabungan saat apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan Pilkades. Selasa (24/10). (Dok: Humas Polres Sumba Barat).

Tribratanewssumbabarat.com; Wakapolres Sumba Barat Kompol Lorensius, S.H., S.I.K., pimpin apel pergeseran pasukan dalam rangka pengamanan pemilihan kepala desa (Pilkades) di Wilayah Kabupaten Sumba Barat.

 

Apel tersebut digelar di Lapangan Apel Pasola Mapolres Sumba Barat pada Selasa (24/10), siang. Pengamanan Pilkades ini dilaksanakan selama tiga hari kedepan, mulai dari tanggal 24 sampai 26 September 2023.

 

Dalam arahannya, Kompol Lorens menjelaskan bahwa Pemilihan Kepala Desa ini dilaksanakan di 43 Desa pada 6 Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumba Barat, dengan jumlah 143 calon Kepala Desa.

 

Guna memaksimalkan pengamanan, Polres Sumba Barat menerjukan lebih dari 200 personel gabungan yang terdiri dri 43 tim pengamanan TPS, 2 tim patroli mobile dan 2 tim deteksi dini serta tim pengecekan dokumentasi dan kesehatan.

 

“Setelah apel kita langsung bergeser ke lokasi, didahului dengan pengambilan logistik di Kantor Dinas PMD, setelah itu langsung menuju desa masing-masing,” ucap Wakapolres.

 

Kompol Lorens saat memimpin apel pergeseran pasukan di Lapangan Apel Pasola. (Dok: Humas Polres Sumba Barat).

 

Lebih dalam Kompol Lorens mengatakan, tugas utama kita yaitu mengawal pergeseran logistik, mengamanakan logistik, mengamankan proses pemungutan suara hingga mengawal kembali dari lokasi pemungutan ke Kantor Dinas PMD.

 

Ia menegaskan, apabila mendapati kendala di lapangan agar langsung dilaporakan secara berjenjang kepada pimpinan untuk segera dicarikan solusinya.

 

“Tetap semangat dan jalankan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab. Jaga kesehatan dan keselamatan sehingga kita semua bisa kembali melaksanakan apel konsolidasi dalam keadaan yang sama,” tandas Wakapolres Sumba Barat Kompol Lorens.

 

Turut hadir dalam apel tersebut, Dandim 1613 Sumba Barat Letkol Inf. Yuliansa Fitra, PJU Polres dan Kodim, serta gabungan personel Polres, Brimob dan personel Kodim 1613 Sumba Barat.

 

Humas Polres Sumba Barat*