Hormati Budaya Sumba, Kapolres Kenakan Kain Adat saat Hadiri Pemakaman Istri Wabup Sumba Barat Terpilih

Hormati Budaya Sumba, Kapolres Kenakan Kain Adat saat Hadiri Pemakaman Istri Wabup Sumba Barat Terpilih

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Istri Wakil Bupati (Wabup) Sumba Barat Terpilih periode 2021-2024 John Lado Bora Kabba telah berpulang. Menjadi bagian dari wilayah hukum Polres Sumba Barat, Kapolres AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H. ikut berduka atas berpulangnya Ibu Naomi Weru Rade Kaka ke pangkuan Tuhan Yang Maha Esa.

 

Dan hari ini Sabtu (24/04/2021), Kapolres Sumba Barat bersama deretan Pejabat Utama Polres Sumba Barat serta Ketua Bhayangkari dan anggota berkesempatan untuk melakukan takziah ke rumah duka yang berada di Kampung Galuwawi, Desa Rajaka, Kecamatan Lamboya, Kabupaten Sumba Barat.

 

Berangkat dari Mako Polres Sumba Barat sekitar pukul 13.00 Wita, tak hanya mengenakan pakaian dinas lengkap berikut atributnya, Kapolres bersama para Pejabat Utama Polres Sumba Barat dan Ketua Bhayangkari serta anggota juga memakai kain adat khas Sumba sebagai wujud penghormatan untuk mendiang Ibu Naomi beserta keluarga besar John Lado. 

 

Seperti yang diketahui bersama, Sumba dengan julukannya Surga Tersembunyi dan keanekaragaman budaya serta adat istiadatnya memiliki keunikan ritual tersendiri pada setiap kegiatan maupun event yang akan dilakukan, termasuk pada prosesi pemakaman.

 

Membawa karangan bunga serta Kerbau Madappa (kerbau dengan tanduk panjang), setibanya di rumah duka Kapolres langsung menyerahkan secara adat Kerbau Madappa kepada Wakil Bupati terpilih John Lado sebagai wujud rasa persaudaraan dan turut serta mengambil bagian pada prosesi pemakaman. Menerima secara adat hewan ternak pemberian Kapolres Sumba Barat, John Lado berbalas dengan memberikan satu ekor babi bertaring sebagai wujud rasa persaudaraan.

 

Belum selesai di situ, tahapan penyambutan berlanjut dengan saling menyelempangkan kain adat Sumba antara Kapolres Sumba Barat dan John Lado. Dan Kapolres dipersilahkan masuk ke dalam rumah duka, sebagai penghormatan terakhir kepada Almarhumah sesuai tradisi budaya sumba untuk menyelimuti peti Almarhumah dengan sarung sumba serta mendoakannya.

 

Masih ditempat yang sama, selanjutnya Kapolres bersama jajaran Pejabat Utama Polres Sumba Barat dan Ketua Bhayangkari beserta anggota di persilahkan duduk pada tenda duka dan diberi sirih pinang.

 

Kagum dan ingin tahu lebih dalam tentang budaya Sumba, khususnya pada saat prosesi pemakaman sekaligus wujud penghormatan terakhir kepada almarhumah, Kapolres mengikuti setiap rangkaian prosesi pemakaman. Disampaikan oleh tetua adat yang ditunjuk oleh keluarga John Lado bahwa pemakaman jenazah hari ini masih bersifat sementara, dikarenakan keluarga masih memiliki kesibukan yang tidak bisa ditinggalkan. 

 

Dikarenakan prosesi berlangsung cukup panjang, maka tahapan pemakaman resmi atau kedua almarhumah diagendakan akan dilakukan pada tanggal 17 dan 18 Mei 2021. Menyampaikan rasa duka citanya, Kapolres berkesempatan memberikan sepatah kata kepada Wakil Bupati Sumba Barat Terpilih untuk sabar dan ikhlas menerima musibah ini, 'karena dibalik peristiwa pasti ada hikmah buat kita semua', ucapnya.

 

Mendapat sambutan yang luar biasa, melalui momentum ini Kapolres dan jajaran cukup takjub dengan kehangatan yang diberikan oleh keluarga besar John Lado dan masyarakat sekitar. Mengikuti setiap tahapan pemakaman hingga usai, Kapolres bersama jajaranpun akhirnya pamit untuk kembali ke Mako Polres Sumba Barat.

 

Penulis ; Kumbara

Penulis ; Konan

Penulis ; Jamet

Editor ; Boediono