Home / BERANDA / Pilot Project | Panen Perdana Bawang Merah Kelompok Tani Bhayangkara Bersama Kapolres Sumba Barat

Pilot Project | Panen Perdana Bawang Merah Kelompok Tani Bhayangkara Bersama Kapolres Sumba Barat

Tribratanewssumbabarat – Polres Sumba Barat ;  Terobosan dan inovasi Bhabinkamtibmas Brigpol Sahrin terkait kiprah dan kerja kerasnya menyulap lahan gersang nan tandus Desa Wendewa Utara Kecamatan Mamboro menjadi “Lahan Layak Tanam” kini telah berbuah manis. Launching Perdana Tanam Bawang kala itu (06/08/2017), kini telah masuk tahapan puncaknya, yaitu Panen Perdana Bawang Merah (02/10/2017). Istimewanya lagi, kedua moment itu tak pernah dilewatkan oleh Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin, dimana waktu tanam perdana beliau turut serta terjun langsung ke lokasi bersama para petani untuk menanam bibit-bibit bawang.

Dan hari ini Senin (02/10/2017), Kelompok Tani Bhayangkara binaan Bhabinkamtibmas Brigpol Sahrin tengah menikmati hasil kerja keras mereka selama ini dengan memanen budidaya bawang merah yang bisa dibilang sangat sukses dan sesuai harapan bersama. Selalu memonitoring serta memberi dukungan penuh kepada Kelompok Tani Bhayangkara, di hari panen perdana bawang merah ini Kapolres tak mau melewatkan dan berkesempatan memimpin langsung pesta panen di Kampung Mondu, Desa Wendewa Utara, Kecamatan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah ini.

Turut hadir dan meramaikan panen perdana bawang merah di lokasi kebun seluas 1 Ha ini, Setda Kabupaten Sumba Tengah Drs. Umbu Sawola, Asisten II Kabupaten Sumba Tengah, Kadis Pertanian, Kadis Pertahanan Pangan, Camat Mamboro beserta Staf, Kapolsek Katikutana beserta Anggota, Kapolsek Mamboro beserta Anggota, Danramil Katikutana beserta Anggota dan para Kepala Desa se Kecamatan Mamboro serta warga masyarakat sekitar Kampung Modu, Kecamatan Mamboro, Kabupaten Sumba Tengah.

Dalam sambutannya, AKBP Muhamad Erwin menyampaikan ucapan terimakasih atas kehadiran seluruh tamu undangan dan warga pada acara panen perdana bawang merah hasil dari Kelompok Tani Bhayangkara binaan Bhabinkamtibmas, dimana budidaya ini merupakan pilot project untuk desa-desa lain yang ingin ikut serta membudidayakan tanaman serupa. Diharapkan dengan adanya budidaya bawang merah di wilayah Mamboro ini dapat memberikan stimulan bagi petani-petani lain untuk melakukan budidaya serupa guna membantu perekonomian mereka guna menuju taraf hidup lebih baik lagi. Ini semua tak lepas dari dukungan pihak Pemerintah Daerah, dimana beliau berharap pemerintah dapat membantu dengan menyediakan lahan yang lebih luas agar dapat dimanfaatkan maksimal oleh kelompok-kelompok tani lain di wilayah Mamboro. Terakhir, guna lebih menyempurnakan hasil yang bisa didapat para petani, Kapolres berharap agar Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Tengah membentuk koperasi bagi kelompok tani, dengan tujuan untuk menstabilkan harga hasil pertanian mereka, khususnya di wilayah Kecamatan Mamboro.

Pada kesempatan yang sama, Setda Sumba Tengah juga menyampaikan ucapan terimakasihnya kepada Kelompok Tani Bhayangkara yang telah memajukan dunia pertanian di Kecamatan Mamboro dengan memberi contoh kepada masyarakat Mamboro tentang bagaimana cara menanam bawang merah. Sama halnya dengan Kapolres, beliau berjanji akan selalu mendukung dan mensupport penuh kegiatan pertanian di wilayah Kabupaten Sumba Tengah ini, guna menjadikan Sumba yang makmur dan asri.

Sebagai wujud penghargaan atas inovasi, terobosan dan kerja kerasnya selama ini dalam membina Kelompok Tani Bhayangkara, di penghujung acara Setda Sumba Tengah berkesempatan memberikan penghargaan dari Kapolres Sumba Barat kepada Anggota Bhabinkamtibmas Brigpol Sahrin. Dengan penuh suka cita, giatpun dilanjutkan dengan pelaksanaan Panen Perdana Bawang Merah milik Kelompok Tani Bhayangkara binaan Bhabinkamtibmas oleh seluruh undangan yang hadir, para petani dan warga.

Editor   : F Budiono
Penulis : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Patroli dan Sambang Warga Kerap di Lakukan

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Untuk memberikan rasa aman dan nyaman untuk masyarakat Sumba …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *