Pimpin Apel Pagi, Wakapolres Sumba Barat Ingatkan Personel Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024

Pimpin Apel Pagi, Wakapolres Sumba Barat Ingatkan Personel Jaga Netralitas Jelang Pemilu 2024
Wakapolres Kompol Lorensius, S.H., S.I.K., pimpin apel pagi di Lapangan Apel Pasola Mapolres Sumba Barat. Senin (29/1/24). (Dok: Humas Res SB).

Tribratanewssumbabarat.com; Wakil Kepala Kepolisian Resor Sumba Barat, Polda Nusa Tenggara Timur, Kompol Lorensius, S.H., S.I.K., kembali mengingatkan personelnya untuk tetap menjaga netralitas jelang Pemilihan Umum (Pemilu) serentak 2024 mendatang.

 

Hal tersebut disampaikan Wakapolres saat memimpin apel pagi yang diikuti oleh para pejabat utama, perwira, bintara dan ASN Polres Sumba Barat di Lapangan Apel Pasola, Senin (15/1/24).

 

“Pemilu 2024 tersisa 16 hari lagi, saya ingatkan seluruh personel agar tetap menjaga netralitas,” ujar Wakapolres Sumba Barat.

 

Meskipun mungkin diantara kita ada yang memiliki hubungan keluarga dengan peserta Pemilu, Kompol Lorens menegaskan agar personel tetap mempertahankan profesionalisme dalam menjalankan tugas sebagai seorang anggota Polri.

 

“Jangan ada personel Polres Sumba Barat yang memihak atau mendukung salah satu pasangan calon atau Caleg. Hal ini perlu menjadi perhatian serius,” tegasnya.

 

Mantan Kasubbagyanmin SPN Polda NTT ini juga menyoroti sejumlah potensi kerawanan dalam tahapan Pemilu yang perlu diwaspadai, seperti penyebaran isu hoaks, isu SARA, Money Politic, kampanye hitam (Black Campaign) dan politik identitas.

 

“Kerawanan-kerawanan tersebut harus diantisipasi sejak dini, karena dapat menjadi permasalahan serius yang dapat mengganggu dalam pelaksanaan Pemilu,” ungkapnya.

Wakapolres ingatkan personel untuk mengantisipasi beberapa kerawanan jelang Pemilu 2024. (Dok: Humas Res SB).

 

Kompol Lorens juga mengingatkan seluruh personel agar selalu menjaga diri, baik itu secara mental maupun fisik agar dapat memberikan pengamanan secara maksimal saat pemilihan kelak.

 

“Kesehatan mental, fisik, sarana dan prasarana merupakan hal penting yang harus kita persiapkan. Tentunya dengan harapan Pemilu 2024 dapat berjalan lancar dan kondusif,” ujarnya.

 

Dalam upaya menjaga kelancaran dan keamanan Pemilu, ia juga meminta jajarannya untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pemangku kepentingan yang ada di Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah.

 

Kompol Lorens juga menginstruksikan agar personel yang bertugas di bidang pencegahan aktif melakukan Cooling System atau turun langsung ke tengah masyarakat untuk mencegah terjadinya potensi gangguan Kamtibmas.

 

“Lakukan segala daya upaya agar seluruh rangkaian dan tahapan pemilu ini dapat berjalan dengan aman dan kondusif,” tandas Wakapolres Sumba Barat Kompol Lorensius, S.H., S.I.K.

 

Humas Polres Sumba Barat*