Sembari Melakasanakan Pengamanan Iven Pacuan Kuda, Bhabinkamtibmas Polsek Umbu Ratunggay Imbau PMK

Sembari Melakasanakan Pengamanan Iven Pacuan Kuda, Bhabinkamtibmas Polsek Umbu Ratunggay Imbau PMK
Bhabinkamtibmas Polsek Umbu Ratunggay Saat Melaksanakan Imbau PMK Dalam Pelaksanaan Iven Pacuan Kuda di Kabupaten Sumba Tengah

 

Tribratanewssumbabarat.com - Dalam rangka antisipasi adanya penyakit mulut dan kuku (PMK) yang menyerang hewan ternak Ruminasia di wilayah Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah, Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Sumba Barat, Polda Nusa Tenggara Timur dikerahkan melaksanakan pemantauan. Pemantauan dilakukan di sejumlah Warga desa Binaan yang memiliki hewan ternak Ruminasia.

 

Kegiatan ini Merupakan tindak lanjut dari perintah Kapolres Sumba Barat tentang penanggulangan penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) terhadap hewan ternak.

 

Menindaklanjuti perintah Kapolres Sumba Barat Bhabinkamtibmas Polsek Umbu Ratunggay Brigpol Bobi Rihi melaksanakan imbauan terhadap peternak kuda sekaligus melakukan pengamanan iven pacuan kuda di wilayah kabupaten Sumba Tengah.

 

Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata,S.I.K,M.H., melalui Kapolsek Umbu Ratunggay IPDA Ignasius S.R. Dangga mengatakan adanya kasus penyakit mulut dan kuku yang menyerang hewan ternak seperti sapi,kuda,kambing dan hewan ternak Rumanasia lainya, Pihaknya melakukan langkah pemantauan. Pemantauan dilakukan di sejumlah warga yang memelihara hewan ternak diwilayah Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah.

 

“disela sela melaksanakan pengamanan iven pacuan kuda, Bhabinkamtibmas juga monitoring warga yang memiliki kuda yang ikut serta dalam iven tersebut. Untuk memantau ada tidaknya kasus penyakit mulut dan kuku yang terjadi,” jelasnya.

 

Disampaikan bahwa hasil pemantauan di sejumlah warga yang memiliki kuda tidak ditemukan kasus penyakit mulut dan kuku (PMK), Namun demikian kami sampaikan himbauan kewaspadaan akan potensi penyakit tersebut menyerang ternak warga di wilayah Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah.

 

“Kami imbau pemilik hewan Ruminansia untuk waspada akan penyakit mulut dan kuku yang dapat menyerang ternak. Apabila ditemukan kasus tersebut agar segera melapor,, serta menghimbau kepada pemilik ternak untuk selalu menjaga kebersihan hewan dan kandang, hal tersebut untuk mengantisipasi dan mencegah penyebaran penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Hewan Ruminasia” jelasnya.

 

“Adanya potensi penyakit tersebut kami akan terus melakukan pemantauan. Selain itu, berkoordinasi dengan pemilik ternak maupun dinas terkait. Termasuk melibatkan Bhabinkamtibmas untuk memantau di desa dan kelurahan binaan masing-masing,” pungkasnya.

 

 

 

Penulis : Mondy

Penulis : Jamet

Editor  : Kumbara

Penanggung jawab : Been5758