Simulasi Sistem Pengamanan Kota, Polres Sumba Barat Lakukan Berbagai Rangkaian Kegiatan

Simulasi Sistem Pengamanan Kota, Polres Sumba Barat Lakukan Berbagai Rangkaian Kegiatan
Polres Sumba Barat Gelar Sispamkota Dalam Rangka Pengamanan Pemilu 2024

Tribratanewssumbabarat.com " Dalam rangka mengantisipasi gangguan kamtibmas saat pelaksanaan pemilu tahun 2024 mendatang, Polres Sumba Barat pagi tadi laksanakan berbagai simulasi pengamanan diantaranya pengamanan TPS serta penanganan aksi unjuk rasa damai di kantor KPU kabupaten Sumba Barat. Selasa, 17 Oktober 2023.


Pelaksanaan simulasi ini diharapkan dapat melatih kesiapan anggota dalam mengantisipasi setiap ancaman gangguan selama pelaksanaan pemilu tahun 2024 yang akan datang. Dari pelaksanaan simulasi tersebut juga diharapkan dapat mengecek kesiapan alsus yang nantinya digunakan dalam setiap pelaksanaan pengamanan.


Untuk diketahui bersama, pagi ini bertempat di Lapangan Apel Pasola Polres Sumba Barat dilakukan simulasi penanganan dalam terjadinya upaya kelompok masyarakat yang hendak membuat kekacauan di tempat pemungutan suara (TPS) serta aksi unjuk rasa damai yang berlangsung anarkis oleh salah satu calon bersama simpatisannya yang mencoba membuat kekacauan di kantor KPU Kabupaten Sumba Barat.


Dalam pelaksanaan operasi mantab brata 2023 - 2024, Polres Sumba Barat telah menyiapkan pasukan dengan tugas dan fungsi masing - masing selama operasi berlangsung. Dalam hal ini Polres Sumba Barat juga bergandengan tangan dengan Kodim 1613 Sumba Barat, Brimob Kompi 2 dan 3 Batalyon C Pelopor serta unsur terkait lainnya sperti Dinas Perhubungan, Dinas Pemadam Kebakaran serta Satuan Polisi Pamong Praja (POL PP) Kabupaten Sumba Barat dan Sumba Tengah.


Penanganan setiap gangguan kamtibmas yang terjadi nantinya dilakukan sesuai tahapan yang telah disesuaikan dengan SOP yang ada, sehingga nantinya setiap tindakan dapat dilakukan secara tegas terukur. Polri dalam hal ini Polres Sumba Barat akan menindak tegas setiap orang atau kelompok masyarakat yang mencoba menganggu jalannya pemilihan umum (PEMILU) 2024 mendatang.


Kapolres Sumba Barat AKBP Benny Miniani Arief, S.I.K., mengucapkan terimakasih kepada semua pihak terkait pelaksanaan simulasi pagi ini. Pelaksanaan kegiatan telah berjalan dengan baik, apa yang telah dilaksanakan pada kegiatan simulasi pagi ini dapat menjadi pedoman dalam pelaksanaan tugas kedepan. Tentunya kita harap pesta demokrasi di kabupaten sumba barat dan sumba tengah dapat berjalan aman, damai dan sejuk. Pungkas AKBP Benny.


*HUMAS POLRES SUMBA BARAT*