Tracing Warga Kontak Erat Dengan Pasien Covid-19, Delapan Dari Sepuluh Orang Dinyatakan Positif

Tracing Warga Kontak Erat Dengan Pasien Covid-19, Delapan Dari Sepuluh Orang Dinyatakan Positif

Tribratanewssumbabarat.com ; Bertempat di Kampung Utapambapang, Desa Tana Mbanas, Kecamatan Umbu Ratunggay, Kabupaten Sumba Tengah, telah dilaksanakan kegiatan tracing terhadap warga yang memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19. Kamis (15/7) siang.

 

Kegiatan tersebut dipimpin oleh Kapus Pahar Dr. Martianis Haria bersama empat tenaga kesehatan puskesmas Pahar dan didampingi oleh Bhabinkamtibmas Polsek Umbu Ratunggay Bripka Yoh. Kumanireng serta Babinsa Serda Joko Nurbhias.

 

Tracing dilakukan dengan mengunjungi rumah para pasien kemudian diadakan wawancara langsung. Setelah diketahui beberapa warga yang memiliki kontak erat dengan pasien Covid-19, mereka akan menjalani swab. Kemudian, nantinya akan dilanjutkan dengan melaksanakan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

 

Dokter bersama tenaga kesehatan puskesmas Pahar melakukan swab kepada warga yang memiliki kontak erat dengan pasien positif Covid-19. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui dan merupakan pencegahan dini penyebaran Covid-19.

 

Setelah menjalani swab, ternyata delapan dari sepuluh warga dinyatakan positif Covid-19. Oleh karena itu, dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing.

 

Dilain tempat, Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., mengatakan diharapkan bagi warga yang terpapar Covid-19 untuk melaksanakan isolasi mandiri di rumah dengan sebaik mungkin, selalu gunakan masker, cuci tangan dan jaga jarak serta diharapkan untuk tidak menerima tamu dirumah,” ujar Kapolres kepada anggota humas Polres Sumba Barat.

 

 

Penulis ; Kumbara

Penulis  ; Konan 

Penulis ; Jamet

Editor ; Bento