Wakapolri Pimpin ViCon Penyamaan Persepsi & Komitmen dalam Pelaksanaan Pengamanan Pilkada di Tengah Pandemi

Wakapolri Pimpin ViCon Penyamaan Persepsi & Komitmen dalam Pelaksanaan Pengamanan Pilkada di Tengah Pandemi

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Sumba Barat Tahun 2020 tak lama lagi akan segera digelar. Segala bentuk persiapan dan kegiatan seperti rangkaian tahapan menuju hari H pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Sumba Barat pun juga mulai dilakukan.



Seperti yang telah berlangsung hari ini di ruang aula Polres Sumba Barat, Selasa (22/09/2020). Ya, pagi tadi sekitar pukul 09.00 Wita telah berlangsung giat Video Conference atau ViCon dalam rangka Penyamaan Persepsi dan Komitmen dalam Pelaksanaan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Tengah Pandemi Covid 19.

 

 

Kunker Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. di Wilayah Hukum Polres Sumba Barat

 


Dipimpin langsung oleh Wakapolri Komjen Pol Drs. Gatot Eddy Pramono, M.Si. yang didampingi Ketua Bawaslu dan Ketua KPU Pusat, giat Video Conference atau ViCon dihadiri dan diikuti oleh Kapolres Sumba Barat AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K., M.H., Bupati Sumba Barat Drs. Agustinus Niga Dapawole, Dandim 1613/Sumba Barat Letkol Czi Irawan Agung Wibowo,S.T., M.Tr, Ketua KPU dan Ketua Bawaslu Kabupaten Sumba Barat, Kepala Kejaksaan Negeri Waikabubak, Kepala Pengadilan Waikabubak, Pimpinan dan Anggota Partai Pengusung Pasangan Calon serta para Pejabat Utama Polres Sumba.



Disampaikan oleh Wakapolri selama pelaksanaan gelaran Pilkada nanti harus selalu mengedepankan protokol kesehatan Covid 19, seperti menghindari kegiatan berkerumun sehingga tidak sampai terbentuk kluster baru di wilayah hukum Polres Sumba Barat. Gelaran kekuatan sesuai pemetaan dan perkiraan situasi di lapangan berwujud simulasi CB taktis dan teknis disertai TFG yang disesuaikan dalam peraturan perundang-undangan juga menjadi point penting dalam sampaian Wakapolri.



'Bangun kepercayaan publik, yakinkan masyarakat bahwa pelaksanaan Pilkada aman dari Covid 19 dan produktif untuk regenerasi kepemimpinan di daerah apabila masyarakatnya disiplin serta patuh dengan protokol kesehatan' tambahnya.



Sama halnya dengan yang disampaikan oleh Wakapolri, Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT) Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. yang ikut dalam giat Video Conference juga meminta kepada pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati serta partai pendukung untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dan tidak melakukan kegiatan yang sifatnya menggerakan masa.

 



'Selalu gaungkan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dengan mengajak mereka untuk memproteksi diri dan tetap mengedepankan protokol kesehatan, di antaranya memakai masker, rajin mencuci tangan serta menerapkan social distancing maupun physical distancing', tutur Kapolda NTT.



Berakhir sekitar pukul 12.40 Wita, giat Video Conference dalam rangka Penyamaan Persepsi dan Komitmen dalam Pelaksanaan Pengamanan Pilkada Serentak Tahun 2020 di Tengah Pandemi Covid 19 berjalan aman, tertib dan lancar. (FB36)