Kunker Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. di Wilayah Hukum Polres Sumba Barat

Kunker Kapolda NTT Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum. di Wilayah Hukum Polres Sumba Barat

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Timur (NTT), Irjen Pol. Drs. Lotharia Latif, S.H., M.Hum memulai tugas barunya dengan melakukan lawatan atau kunjungan kerja (kunker) ke Polres-polres jajaran yang ada di wilayah hukum Polda NTT. Menjadi bagian dari Polda NTT, hari ini giliran Polres Sumba Barat yang mendapat kunjungan dari Kapolda NTT, Rabu (16/09/2020).



Tiba di Bandar Udara (Bandara) Tambolaka, Kapolda NTT datang dengan didampingi istri Ny. Eviyanti Nurhayati Latif, Karo Ops Polda NTT Kombes Pol. Ulami Sudjaja, S.H., Dirintelkam Polda NTT Kombes Pol. Joudi A. A. Mayloor, S.I.K., Dir Binmas Kombes Pol. Drs. Taufiq Tri Atmojo dan Pamatwil Ops Mantap Praja Turangga 2020 Kombes Pol. Wahyu Prihatmaka, S.H.



Tetap menerapkan protokol kesehatan Covid 19, rombongan Kapolda NTT sejenak transit di ruang tunggu VVIP Bandara Tambolaka, yang kemudian melanjutkan perjalanan menuju Mapolres Sumba Barat. Memasuki area Mapolres sekitar pukul 14.40 Wita, Kapolda NTT dan rombongan disambut dengan prosesi pengalungan bunga sekaligus penyematan kain adat khas Sumba oleh Kapolres Sumba Barat AKBP FX. Irwan Arianto, S.I.K., M.H., Waka Polres Sumba Barat Kompol Yulius Ola, dan Pejabat Utama Jajaran Polres Sumba Barat serta mewakili Dandim/Kasdim 1613 Sumba Barat Mayor Caj Mulyono.



Diikuti oleh seluruh personel Polres Sumba Barat, giat dilanjutkan dengan tatap muka bersama Kapolda NTT di ruang aula Mapolres. Mendapat kesempatan pertama, Kapolres AKBP FX. Irwan memaparkan Laporan Kesatuan terkait karakteristik wilayah hukum Polres Sumba Barat yang meliputi ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan hankam. Tak hanya itu, perbandingan kasus yang terjadi di tahun 2020, perkembangan situasi pandemi Covid 19, pelaksanaan giat bansos dan kesiapan personel dalam pengamanan Pilkada 2020 juga disampaikan oleh Kapolres Sumba Barat.



Tiba saatnya menyapa seluruh personel Polres Sumba Barat, mengawali arahannya Kapolda NTT memperkenalkan diri sekaligus memberikan imbauan kepada seluruh personel untuk kerja ikhlas, kerja keras dan kerja cerdas. 'Dalam bekerja kita harus 'membiasakan yang benar dan bukan membenarkan yang biasa', tuturnya. 'Tingkatkan kemampuan personel, tingkatkan komunikasi, tingkatkan kebersamaan, jangan sakiti hati rakyat dan awali serta akhiri setiap langkah kita dengan doa', tambahnya.



Dalam rangka mengoptimalkan percepatan penanganan Covid 19, Kapolda NTT juga mengimbau seluruh jajaran Polres Sumba Barat untuk bekerjasama dengan pihak terkait. Dengan tetap mempedomani protokol kesehatan, ia berharap upaya mencegah penyebaran Virus Corona atau Covid 19 melalui giat sosialisasi di wilayah hukum Polres Sumba Barat dapat dilakukan dengan maksimal.



Terakhir, jelang pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2020, Kapolda NTT menginstruksikan seluruh personel untuk memetakan potensi kerawanan berdasarkan wilayah dan kegiatan agar tidak terjadi konflik sosial. 'Kelola manajemen media dengan baik, antisipasi kejahatan cyber', ujarnya. 'Kawal dan pantau terus setiap tahapan gelaran Pilkada Serentak Tahun 2020 dengan kesiapan personel dan sarana prasarana pendukung kinerja', tutupnya.

 



Berakhir sekitar pukul 16.55 Wita, giat tatap muka dan pembinaan berjalan lancar dan tertib. Selanjutnya Kapolda NTT dan rombongan yang didampingi Kapolres Sumba Barat beserta PJU Polres Sumba Barat melakukan silatuhrami ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumba Barat. (FB36)