Kapolres Sumba Barat ; Pelaksanaan Pasola Wanokaka Tetap Dilaksanakan Namun Dengan Batasan - Batasan Sesuai Prokes Covid-19

Kapolres Sumba Barat ; Pelaksanaan Pasola Wanokaka Tetap Dilaksanakan Namun Dengan Batasan - Batasan Sesuai Prokes Covid-19

Tribratanewssumbabarat.com " Sejak dinihari tadi hiruk pikuk dari Puncak Ritual Adat Pasola Wanokaka sudah terasa. Wisatawan lokal dan mancanegara sudah memadati pantai wanokaka yang merupakan tempat dilaksanakannya prosesi sakral sebelum dimulainya atraksi pasola. Para Rato yang merupakan pimpinan dalam ritual adat pasola ini berkumpul di Pantai Wanokaka sejak Dinihari tadi.


Ritual pagi ini diawali upacara pemanggilan nyale di pantai wanokaka, Nyale sendiri merupakan cacing laut yang dipercaya sebagai simbol kemakmuran bagi masyarakat penganut aliran kepercayaan marapu. Selanjutnya masyarakat yang hadir secara berramai - ramai menangkap nyale disepanjang pantai wanokaka.


Setelah acara penangkapan Nyale oleh masyarakat yang hadir di pantai wanokaka, selanjutnya rato membuka atraksi pasola di pantai wanokaka. Atraksi pasola pantai yang biasa disebut masyarakat lokal ini merupakan awal dari atraksi pasola yang akan dilangsungkan di lapangan pasola lihagalang, desa Waihura, kecamatan Wanokaka, Kabupaten Sumba Barat.

 


Pada situasi pandemi covid-19 seperti saat ini, pelaksanaan atraksi Pasola dilakukan pembatasan baik waktu, peserta atraksi maupun pengunjung yang hendak menyaksikan. Semua mengacu pada protokol kesehatan selama pandemi covid - 19.


Sejak dinihari tadi ratusan personel gabungan dari Polres Sumba Barat, Kodim 1613 Sumba Barat serta dua pleton personel Brimob dan juga Sat Pol PP Kabupaten Sumba Barat melaksanakan pengamanan baik dipantai wanokaka maupun dilapangan pasola laihagalang. 


Tak ingin ada gangguan kamtibmas, Kapolres Sumba Barat AKBP Anak Agung Gde Anom Wirata, S.I.K., M.H., menginstruksikan kepada seluruh peserta pengamanan untuk melaksanakan tugas dengan baik dan penuh rasa tanggung jawab. 


"Tetap kedepankan pengamanan pola pengamanan persuasif dan juga humanis. Jangan arogan ataupun melakukan tindakan yang dapat mencoreng nama baik institusi polri." Ujar AKBP Agung.


Tetap jaga keselamatan kita, jangan sampai kita lengah pada saat melaksanakan pengamanan. Tetap fokus dwngan segala situasi yang terjadi. Laporkan setiap perkembangan situasi di pos pengamanan yang telah ditentukan masing - masing sehingga dapat menjadi bahan pertimbangan pimpinan dalam mengambil langkah antisipatif. Pungkas Kapolres sesaat sebelum mengakhiri APP.

 

 

Penulis : Kumbara
Penulis : Jamet
Editor  : Konan
Penanggungjawab : Been7.