Kasus COVID-19 Meningkat, Dilakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektor Di Wilayah Kecamatan Umbu Ratu Nggay

Kasus COVID-19 Meningkat, Dilakukan Rapat Koordinasi Lintas Sektor Di Wilayah Kecamatan Umbu Ratu Nggay

Tribratanewssumbabarat.com ; Karena meningkatnya kasus COVID-19 di Kecamatan Umbu Ratu Nggay, dilaksanakan Rapat Koordinasi Lintas Sektor Wilayah Kecamatan Umbu Ratu Nggay, Kabupaten Sumba Tengah yang bertempat di Aula Kantor Desa Lenang Selatan. Senin, (2/8/21) siang.

 

Rapat koordinasi tersebut dipimpin oleh Camat Umbu Ratu Nggay bapak Stefanus Umbu Yiwa, SE, didampingi Bhabinkamtibmas Polsek Umbu Ratu Nggay Bripka Yohanes Kumanireng, Kepala Puskesmas Pahar Ferdy Umbu Riada, SKM, Pendamping Tehnik P3MD Kecamatan Umbu Ratu Nggay Yoseph Filemon, dan dihadiri oleh enam Kepala Desa Wilayah Selatan, Pendamping Desa dan Staf Kecamatan Umbu Ratu Nggay.

 

Camat Umbu Ratu Nggay Stefanus Umbu Yiwa, SE, menyampaikan, bahwa perkembangan COVID-19 yang terjadi di Kabupaten Sumba Tengah, khususnya di Wilayah Kecamatan Umbu Ratu Nggay meningkat dan saat ini Kabupaten Sumba Tengah sudah berada di Level 3, pasien positif sudah mencapai angka 480 untuk tingkat Kabupaten dan kemungkinan akan terus bertambah karena kurangnya disiplin masyarakat terkait protokol kesehatan.

 

“Telah disepakati pada pertemuan sebelumnya yakni akan disiapkan fasilitas untuk lokasi isoman terpusat di Desa, sehingga pasien positif COVID-19 tidak lagi melakukan karantina mandiri di rumah tetapi akan melakukan isoman terpusat, dan seluruh anggaran bersumber pada dana Desa,” ungkap Stefanus.

 

Sehubungan dengan lokasi isoman terpusat tersebut, telah diputuskan bahwa untuk lima Desa di Wilayah Selatan yakni, Desa Mbilur Pangadu, Ngadu Olu, Padiratana, Praikaroku Jangga dan Desa Soru, lokasi Karantinnya di Kantor Desa Mbilur Pangadu, sedangkan untuk enam Desa di Wilayah Utara Yakni, Desa Tanambanas, Tanambanas Selatan, Tanambanas Barat, Lenang, Lenang Selatan, dan Ngadu Mbolu, lokasi Karantina terpusatnya di Puskesmas Tanambanas,” tambahnya.

 

Melalui bhabinkamtibmas Bripka Yohanes Kumanireng, Kapolsek Umbu Ratu Nggay menyampaikan terkait penanganan COVID-19 di wilayah hukum Polsek Umbu Ratu Nggay, bahwa Polri dalam hal ini Polsek Umbu Ratu Nggay siap mendukung penuh setiap kegiatan atau upaya pencegahan penyebaran COVID-19.

 

Terkait tentang gangguan kamtibmas di wilayah Selatan dan sehubungan maraknya minuman beralkohol di wilayah Kecamatan Umbu Ratu Nggay yang berdampak pada gangguan kamtibmas, pihak Polsek Umbu Ratu Nggay akan menindaklanjutinya, guna mencegah terjadinya tindak pidana,” unkapnya.

 

Dilain tempat, Kapolres Sumba Barat AKBP FX Irwan Arianto, S.I.K., M.H., menyampaikan agar Polsek Umbu Ratu Nggay meningkatkan kegiatan patroli atau operasi Pembatasan Kegiatan Masyarakat guna menghindari kerumunan untuk mencegah penyebaran COVID-19, serta melakukan operasi pada tempat-tempat penjualan miras,” pungkasnya

 

 

Penulis ; Kumbara

Penulis  ; Konan 

Penulis ; Jamet

Editor ; Ben7