Satgas Operasi Bina Karuna Lakukan Sosialisasi Karhutla

Satgas Operasi Bina Karuna Lakukan Sosialisasi Karhutla

TRIBRATANEWS SUMBAT BARAT.COM ~ Dalam rangka mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) Serta Antisipasi Banjir Dan Tanah Longsor, Polres Sumba Barat memberikan sosialisasi dan himbauan kepada masyarakat di Desa Lapale, Kecamatan Kota Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat, Senin (11/10/2021)


Kegiatan sosialisasi Karhutla Serta Antisipasi Banjir Dan Tanah Longsor, ini dalam rangka Operasi Bina Karuna Ranakah 2021 yang dilakukan oleh Personil yang terlibat dalam sprint Operasi guna mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungannya.


Dengan mengantisipasi dari awal baik berupa memberikan himbauan serta mengajak masyarakat untuk mencintai lingkungannya serta tidak melakukan pembakaran dan penebangan hutan secara liar baik untuk kepentingan pribadi maupun kelompok karena berdampak pada ekosistem hutan juga bagi masyarakat sekitar.

Kapolres Sumba Barat AKBP Fx Irwan Arianto S.I.K., M.H. melalui KA UKL Aiptu Hartono mengatakan sosialisasi yang dilakukan bertepatan dengan Operasi Bina Karuna Ranakah 2021.

“Dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa membakar hutan baik disengaja maupun tidak disengaja akan mendapatkan sanksi pidana sesuai dengan pasal 48 ayat 1 UU RI No.18 Tahun 2014 tentang Lingkungan Hidup dengan ancaman 10 tahun penjara serta denda 10 milyar,” Jelas Aiptu Hartono.


Tidak hanya itu, sebelum mengakhiri kegiatan sosialisasi tersebut personel satgas operasi bina karuna juga melakukan foto bersama dengan masyarakat dan spanduk larangan karhutla diarea potensi terjadinya Karhutla.


Penulis : Kumbara

Penulis : Konan

Penulis : Jamet

Editor   : Been7