Home / BERANDA / Kapolres Terjun Langsung Cek Lokasi ini

Kapolres Terjun Langsung Cek Lokasi ini

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polres Sumba Barat ; Berkenaan dengan akan diselenggarakannya Pesta Adat Pasola yang merupakan tradisi adat khas Sumba yang tak lama lagi, hari ini Jumat (02/01/2018) Kapolres Sumba Barat AKBP Gusti Maycandra Lesmana, S.IK, MH secara langsung melakukan pengecekan lokasi dimana Pesta Adat Pasola akan digelar. Pasola merupakan salah satu budaya yang dimiliki Sumba dari sekian banyak budaya yang ada, dimana tradisi ini merupakan bagian dari ritual kepercayaan Marapu (agama lokal masyarakat Sumba). Dimana pada setiap pelaksanaannya sangat dinanti-nanti oleh seluruh masyarakat, bahkan tradisi ini selalu menjadi agenda tetap kunjungan para wisatawan yang berkunjung ke Sumba, baik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Guna mempersiapkan segi keamanan menjelang dan selama perhelatan tradisional kebanggaan seluruh masyarakat Sumba ini digelar nanti, Kapolres AKBP Gusti Maycandra Lesmana, S.IK, MH dengan didampingi Kabag Ops, Kasat Intel, Kapolsek Kodi Bangedo, Kapolsek Kodi, Tokoh Adat Kodi, Kepala Desa, Bhabinsa 1613 – 03 Kodi dan Anggota Polsek Kodi Bangedo terjun langsung mengecek dimana Pesta Adat Pasola akan digelar, yaitu di Kecamatan Kodi Bangedo dan Kecamatan Kodi Balaghar Kabupaten Sumba Barat Daya.

Lebih spesifik berikut ini adalah tempat-tempat yang dikunjungi oleh Kapolres, dimana budaya tradisional yang hanya dimiliki Sumba akan digelar :

  • Lapangan Pasola Homba Kalayo, Desa Waikaninyo, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya.
  • Lapangan Pasola Bondo Maliti, Desa Maliti Bondo Ate, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya.
  • Lapangan Pasola Waiha, Desa Waiha, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya.
  • Lapangan Pasola Wainyapu, Desa Wainyapu, Kecamatan Kodi Balaghar, Kabupaten Sumba Barat Daya.

Pada kesempatan ini, Kapolres menyampaikan beberapa imbauan kepada Tokoh Adat dan Kepala Desa setempat pra pelaksanaan Pesta Adat Pasola digelar, yakni :

  • Imbauan kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta menjaga situasi kamtibmas.
  • Sosialisasi Program ZERO 100 Hari Kerja Kapolres, demi Sumba ZERO senjata tajam, Minuman keras, judi dan narkoba.
  • Imbauan kepada Kepala Desa agar membersihkan akses jalan menuju tempat Pesta Adat Pasola berlangsung, berikut lapangannya.
  • Imbauan kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta menjaga dan melestarikan budaya yang hanya dimiliki Sumba ini, serta mempromosikan budaya kebanggaan kita bersama kepada dunia luar, sehingga dapat menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke Sumba.

Editor              : F Budiono
Penulis            : I Gede E. P. Kumbara
Publish            : I Putu Pasel
Dokumentasi : K Korpriano Dami

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Aksi Damai 1000 Lilin oleh Pemuda Lintas Agama Sumba Tengah Dukung TNI dan Polri Berantas Terorisme

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT – Polres Sumba Barat ; Aksi bom bunuh diri yang dilakukan oleh para …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *