Home / BERANDA / Kunjungan KEMENKOPOLHUKAM, Kapolres Sumba Barat Dan DANDIM 1613 Pada Upacara Adat Poddu Di Kampung Tarung

Kunjungan KEMENKOPOLHUKAM, Kapolres Sumba Barat Dan DANDIM 1613 Pada Upacara Adat Poddu Di Kampung Tarung

2811  tribratanewssumbabarat.com – Kampung Tarung, merupakan salah satu tempat kebanggaan masyarakat Sumba dimana masyarakat disini masih identik dan menjunjung tinggi adat dan budaya leluhur, bahkan peradaban peninggalan zaman prasejarah / megalitikum masih amat sangat terasa jika kita berada di kampung ini. Dengan keaslian dan keunikan yang dimiliki Kampung Tarung, tak sedikit wisatawan domestik maupun mancanegara yang berkunjung ke sini guna melihat dan merasakan suasana prasejarah / megalitikum di tengah-tengah era modern globalisasi saat ini. 

28111  Dan hari ini, Senin 28 Nopember 2016 sekitar pukul 09.00 Wita bertempat di Kampung Tarung Dusun 01 Taramanu Ule Wawi Kel. Sobawawi Kec. Loli Kab. Sumba Barat telah dilaksanakan Upacara Adat Poddu / Kalango. Upacara Adat Poddu ini dipimpin dan dibuka langsung oleh Rato Adat / Rumata LADO REGI TERA selaku Ketua Adat (Rato) dalam Upacara Adat Poddu ini. Perlu diketahui, dalam Upacara Adat Poddu ini terbagi dalam beberapa sesi ritual Adat Poddu (Kalango / Kegembiraan) yang meliputi : Tarian Walla Gole, Tarian Pembukaaan Kuda  Kepang. Masuk awal pembukaan acara, Kalango dan Rato Adat menunggang kuda mengelilingi lingkaran kampung dengan maksud meminta makanan (rumput yang berupa uang  dll), Tarian Kondho Tarian Puncak acara Kalango, Tarian Walla Gole di bawah Rumahnya Rato adat dan nyanyian untuk jalannya adat Poddu dalam menyampaikan Acara Adat Wara (Rato Adat menceritakan silsilah dari Adat Poddu), Acara Adat Baddara (ritual acara tarian kuda), Acara Tarian Adat (kodola) dari masing  masing Rumah Adat (12 rumah adat), Tarian Lompat Kubur (Taloka Na Odi) dalam arti tarian untuk membagikan rejeki untuk semua orang. Masih di hari yang sama, sekitar pukul 16.15 Wita telah tiba di Kampung Tarung KEMENKOPOLHUKAM Team yang dipimpin oleh ASDEPV 1 / IV HANEG Marsekal Pertama TNI ACHMAD SAJILI dan Kapolres Sumba Barat AKBP MUHAMMAD ERWIN serta DANDIM 1613 Sumba Barat LETKOL INF FIFIN ZUDI SAIFUDDIN yang mana diterima langsung oleh Rato Adat / Rumata LADO REGI TERA di rumah kediaman Rato Adat (Rumata). Dimana tujuan kedatangan KEMENKOPOLHUKAM Team yang dipimpin oleh ASDEPV 1 / IV HANEG Marsekal Pertama TNI ACHMAD SAJILI ini adalah untuk melihat Ritual Adat Poddu secara langsung yang ada di Kampung Tarung serta tak lupa guna menyampaikan Kepada Rato Adat untuk tetap menjaga keamanan selama prosesi Ritual Adat Poddu berlangsung. 

  Dimana selama berlangsungnya Upacara Adat Poddu / Kalango ini, dari pihak Polres Sumba Barat turut serta dalam melakukan pengamanan yang dipimpin langsung oleh Kabag Ops Polres Sumba Barat bersama 1 Unit Sat Sabhara, 1 Unit Sat Intelkam, 1 Unit Sat Narkoba, 1 Unit Sat Reskrim, 1 Unit Sat Lantas dan 1 Unit Sat Gabungan Staf Polres Sumba Barat. Dan tepat pukul 19.00 Wita Upacara Adat Poddu / Kalango pun berakhir, serta berjalan dalam keadaan aman, tertib dan lancar. (28112016ressb.doc)

28112

 

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Malam Akrab dan Pisah Sambut Waka Polres Sumba Barat

TRIBRATA NEWS SUMBA BARAT ; Pasca pelaksanaan Upacara Serah Terima Jabatan Waka Polres Sumba Barat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *