Home / BERANDA / Melarikan Diri, Pelurupun Bersarang di Kaki 1 Dari 6 Sindikat Pencurian Hewan Ternak

Melarikan Diri, Pelurupun Bersarang di Kaki 1 Dari 6 Sindikat Pencurian Hewan Ternak

Tribratanewssumbabarat – Polres Sumba Barat ; Dini hari pukul 02.00 Wita (24/09/2017), 10 personil gabungan Polsek Wewewa Barat yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Wewewa Barat Bripka Yonas Bota serta didampingi Kanit Reskrim Polsek Wewewa Selatan Bripka Simrom N Lake telah berhasil melakukan penangkapan terhadap 1 (satu) orang penadah dan 5 (lima) orang pelaku pencurian 2 (dua) ekor kerbau di kediaman penadah, yaitu laki-laki inisial MBN (31) di Kampung Paledu, Desa Denduka, Kecamatan Wewewa Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya. Kasus pencurian 2 (dua) ekor kerbau yang terjadi pada tanggal 8 September 2017 di Kampung Detala, Desa Watulabara, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya ini berhasil terpecahkan berdasarkan hasil penyelidikan yang dilakukan oleh jajaran Polsek Wewewa Barat serta laporan dari masyarakat.

Saat ini barang bukti berupa 2 (dua) ekor kerbau telah berhasil disita dan diamankan oleh jajaran Polsek Wewewa Barat dari tangan penadah. Adapun daftar keenam pelaku yang terdiri atas 1 (satu) orang penadah dan 5 (lima) orang pelaku pencurian yaitu, MBN (31), AUD (30), EBW (17), MB (15), SUL (45) dan DB (44). Sebelum penangkapan dilakukan, sekitar pukul 24.00 Wita anggota Polsek Wewewa Barat mendapatkan informasi  dari masyarakat terkait keberadaan para pelaku dan barang bukti tindak pidana pencurian hewan ternak. Menanggapi serta merespon cepat informasi yang ada, tak menunggu lama anggota Polsek Wewewa Barat pun langsung bergeser ke tempat kejadian dimana barang bukti disembunyikan. Penyisiran pun dilakukan di sekitar Kampung Paledu, Desa Denduka, yang kemudian tepat pada pukul 02.00 Wita dilakukan penggerebekan dan penangkapan keenam pelaku tindak pidana pencurian hewan ternak.

Sempat ada perlawanan dari salah satu pelaku inisial DB, dimana ia melawan dengan menyerang petugas dan berusaha melarikan diri. Akhirnya dengan terpaksa petugas mengambil tindakan penembakan terhadap DB, dimana mengenai paha bagian kanan dan kiri serta mata kaki bagian kanan pelaku. Saat ini, keenam pelaku beserta barang bukti telah diamankan di Mapolsek Wewewa Barat guna proses lebih lanjut. Menyikapi kasus ini, Kapolres Sumba Barat AKBP Muhamad Erwin memerintahkan jajaran Polsek Wewewa Barat untuk mengembangkan dan mengusut tuntas kasus yang ada mengingat ada kemungkinan para pelaku merupakan jaringan pencurian spesialis hewan tenak yang sering beroperasi di wilayah Kabupaten Sumba Barat Daya.

Editor   : F Budiono
Penulis : I Gede Eka Kumbara
Publish : I Putu Pasek

About Humas Polres Sumba Barat

Kunjungi Akun Media Sosial Humas Polres Sumba Barat

Check Also

Cegah Tindak Kejahatan, Polsek Loura Tingkatkan Patroli

Tribratanewssumbabarat.com – Polres Sumba Barat ; Polsek Loura Melaksanakan patroli di tempat – tempat rawan …